Dear Bunda Delima,

Bayi Rama-ku juga dulu begitu, kalo BAB sambil ngeden sampai mukanya merah dan
nangis, kasian sekali...
Yap, kebanyakan karena kurang cocok dg sufornya. Dokter anakku juga anjurkan
ganti sufor. Kebetulan baby Rama juga pakai HA, jadinya dicampur 1:1 sufor lama
& baru. Sejak itu BAB nya lancar, dalam arti tidak sampai menangis.

Untuk bayi yg minum sufor sebaiknya setelah minum susu, diberi asupan air putih
(aqua masak) hangat 1-3 sendok bayi (jangan pakai dot botol, tapi disuapi
pelan-pelan), tujuannya air putih ini akan membilas lidah & tenggorokannya,
juga melembekkan feses/kotoran mengingat sufor memberikan cukup banyak ampas di
usus untuk dikeluarkan oleh si baby.

Untuk (maaf) lubang anusnya yang teriritasi, buktinya ada darah, berarti ada
luka, coba tanyakan ke dokter anaknya, apa perlu diberi sesuatu supaya tidak
infeksi. Bila sudah tidak ada luka, biasanya untuk memudahkan kotoran mengalir
keluar, di sekitar lubang anus diberikan baby oil atau minyak kelapa murni.
Bila memungkinkan saat pertama kali baby ngeden.
TAPI bila ada luka, hati-hati jangan menggunakan sebelum konsul ke dokter anak,
karena baby bunda akan merasakan perih bila luka terkena baby oil atau minyak
kelapa murni.

Menurut dokter anakku, bayi bisa BAB 1-4kali/hari. Tapi bila ASI eksklusif
bisa-bisa malah ga BAB tapi perut baby nya ga keras/kembung karena ASI kan
nggak ada ampasnya, semua terserap oleh tubuh baby.

Semoga pengalaman saya bisa membantu.

Salam hangat,
Sri Pauliana (bunda Gede Rama, besok 5 bulan)

P.S.
Please save a tree, consider the environment.
Do not print this e-mail unless it's really necessary.
Shut down your computer, printer and copier before you leave. Go Green!

Kirim email ke