kemungkinana Zayan alergi mbak.

ini aku kutip dr kumpulan file tentang MPASi :

MAkanan Padat bayi 6-8 bln
6 bulan – MAKANAN PADAT PERTAMA
Yang diberikan:
· ASI/ASI perahan PLUS
· SEREALIA: beras putih, beras merah, havermuth, kentang, kacang hijau
· SAYURAN: labu parang, ubi jalar, kentang, kacang hijau, labu, zucchini
· BUAH: pisang, alpukat, apel, pir
Tipe:
1 jenis makanan sebagai awalan.
Semi cair (dihaluskan atau dibuat puree)
Dimasak (kecuali buah tertentu, spt alpukat, dan pisang)
Frekuensi:
Pada minggu2 pertama sebaiknya diberikan satu kali sehari
Makan besar: 1-2 kali per hari
Cemilan: 1 kali per hari
ASI: kapan saja bila diminta atau formula umumnyasetiap 3-4 jam
Porsi:
Makanan: 1-2 ujung sendok teh pada awalnya,
bertahap tingkatkan sesuai bertambahnya usia dan minat bayi.
Keterangan:
- Untukmengetahui bayi alergi terhadap sesuatu makanan tertentu hal yang
dilakukan adalah pengenalan satu jenis makanan dalam 3-4 hari..
- Bila satu hari saja sudah terjadi alergi misal sampai bentol2 hentikan
kemudian ganti jenis makanan lain.
- Apabila pada awal pengenalan makanan padat pertama ini faeses bayi menjadi
lebih keras dan bayi agak mengejan ketika BAB ini adalah hal yang wajar,
karena pencernaan bayi sedang beradaptasi dengan asupan baru selain ASI
- Sebaiknya menyimpan rice cereal jangan terlalu lama. Paling lama adalah 2
minggu. Jadi sebaiknya sekali bikin jangan terlalu banyak.
Contoh menu
BUBUR SUSU (ASI) BERAS MERAH
cara membuatnya:
segenggam beras merah dicuci bersih lalu disangrai kemudian diblender halus.
(kira2 aja yah ukurannya)
stelah jadi tepung.. tiap makan dd Ija diambilkan 11/2 sendok makan tepung
beras merah beri sedikit air..jerang dengan api kecil.
stelah hangat2 kuku baru deh diencerkan dengan ASI..
Awalnya encer tambah hari ditambah kekentalannya..
BUBUR SUSU (ASI) KACANG IJO
cara membuatnya:
segenggam bkacang ijo dicuci bersih lalu disangrai kemudian diblender halus.
(kira2 aja yah ukurannya)
stelah jadi tepung.. tiap makan dd Ija diambilkan 11/2 sendok makan tepung
kacang ijo beri sedikit air..jerang dengan api kecil.
stelah hangat2 kuku baru deh diencerkan dengan ASI..
PUREE KENTANG ASI
kukus kentang ukuran sedang.
setelah matang hancurkan kemudian saring dengan saringan kawat.
encerkan dengan ASI...
BUBUR HAVERMUTH
haluskan havermuth dengan blender.
setelah menjadi tepung ambil 1-1/2 sendok makan havermut
beri sedikit air..jerang dengan api kecil.
stelah hangat2 kuku baru deh diencerkan dengan ASI..
SAUS APEL/PIR
Bahan:
1 buah apel manis (jangan yang hijau) atau 1 buah pir
Air secukupnya
Cara Memasak:
Kupas apel, buang bijinya lalu potong dadu.
Rebus dengan air (air sampai sedikit menggenangi apel) sampai apel empuk.
Tiriskan apel, jangan buang airnya.
Haluskan apel, gunakan sisa air rebusan untuk mengencerkan apel.
*ASI bisa diganti susu formula

untuk pengenalan MPASI sebaiknya sih jangan yg instan mbak

semoga berkenan ya

--
rgds,
Lita