Dear Mbak Minnie,

Aku setuju, kalau mau menanamkan agama, baiknya dari kecil, paling tidak
sampai SMP.
Setelah SMA dst baru sekolah umum, ketika dia sudah mantep dengan prinsip
yang sudah ditanamkan.

Beberapa hal yang saya jadikan patokan untuk memilih sekolah Islam :

1. Saya pilih SDIT, yang walaupun waktu belajarnya panjang, tapi sebenarnya
banyak "acara"-nya seperti shalat dhuha, shalat dzuhur, dll dsb. Anak juga
jadi ada di lingkungan "tertata" lebih lama.

2. Saya pilih yang bilingual atau malah trilingual. Ada B. Inggris dan B.
Arab. Anak2 cepet banget belajar bahasa. Dan kalo diajarkan sejak SD dengan
cara dipakai langsung untuk bercakap2, dia akan pede untuk bicara langsung.
Dibandingkan kita yang hafal banget grammar dan teorinya tapi gak berani
ngomong (kok kita, saya kali ya hehehe..)

3. Saya pilih yang metode pengajarannya membuat anak aktif, berani tampil,
berani berpendapat. Biasanya jumlah anak dalam kelas sedikit, sekitar 20-an,
dengan 2 guru.

4. Karena saya mau anak saya kenal Islam secara menyeluruh, saya pilih
sekolah yang benar2 konsisten menjalankan Islam di kegiatan sekolah. Ada
shalat dhuha, perempuan memakai jilbab, ada shalat dzuhur berjamaah, ada
pembatasan pergaulan anak laki-laki dan perempuan.

5. Anak2 cepat sekali menghafal, karena itu saya cari sekolah yang target
hafalan Al Qur'an-nya cukup banyak.

Akhirnya saya pilih Madina Islamic School di Tebet. Pilihan lain yang cukup
OK, Global Islamic School yang di Condet :-)

Demikian Mbak Minnie, semoga bermanfaat :-)

Meu

--
Meutia

http://carik-catatan.blogspot.com - lintasan pikiran menebar manfaat