sebetul nya ngusir tikus ga susah tapi implementasi nya agak-agak susah :)
rule nya ada 4:
- rumah dalam keadaan bersih/rapih
- jangan ada sisa makanan di tempat terbuka termasuk juag bahan
makanan/bahan masakan di dapur
- jangan ada sampah terbuka atau tidak dibuang pd saat malam
- jangan ada dapur/piring/gelas/tempatsampah dll yang kotor pd saat malam

insyaalloh tikus dan kecoa berkurang apabila 4 rule diatas dijalankan

untuk menambah pencegahan:
- saluran pembuangan air kotor di rumah rajin di kasi cairan pembasmi kecoa
- saluran air kotor menuju penampung tinja sering dikasi bakteri pemakan
tinja utk menghindari bau
- untuk menghindari tikus got dari luar rumah masuk ke rumah, saluran
pembuangan air ditutup pakai penutup saluran dari besi (banyak dijual di
toko besi)
- 3 atau 6 bulan sekali silakan bersih2 seluruh rumah dengan air+sabun
supaya debu tdk ada, kotoran2 tdk ada, bau dari kecoa dan bau tikus hilang
juga.

rgds,
rahman