hi pak NC,

Bukannya varises memang di pembuluh vena?  Dan varises bukan hanya di kaki,
bisa juga sampai ke paha bahkan vagina (khususnya saat kehamilan).
Kemarin di milis ini ada bahasan 'vaginal vericose', di link yang saya
posting ada bahasan vericose vein lain yang mungkin agak sesuai dengan
kondisi mamanya Irfan.  Atau konsultasikan lagi issue itu degnan DSOG nya
waktu cek antenatal nanti.

Saya kurang tahu, tapi kalau memang sudah konfirmasi bahwa yang dialami
mamanya Irfan itu termasuk varises (dan variannya), mungkin bisa
dire-konsultasi lagi apa saja yang jadi prosedurnya kalau memang caesar will
be the only option (asumsi awam saya, apa bukannya caesar dipilih agar
risiko pecah pembuluh vena karena varises terhindari) tapi pastinya DSOG
punya penjelasan yang lebih akurat dan reasonable untuk issue ini.

titip salam buat mamanya Irfan ... take a good care of her, ya pak :)

cheers,
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi

Kirim email ke