From: aidinafi...@yahoo.com
Date: Fri, 13 May 2011 15:00:43
To: <balita-anda@balita-anda.com>
Subject: Re: [balita-anda] Daya tahan tubuh anak ASI

Babyku (9 bln) dah 3x suntik IPD, d umur 2,4,dan 6 bln nanti satu kali lg d
umur antara 12 s/d 15 bln. Memang vaksin ini tdk d wajibkan tetapi di anjurkan.
Kisaran harganya buat vaksinnya aja d bandrol 850rb+dokter++ yg lainnya.

Aq msh ada link nya,mdh2 bermanfaat.

http://m.detik.com/read/2009/09/14/114536/1202996/764/vaksin-ipd-kurangi-angka-kematian-bayi

Vaksin IPD Kurangi Angka Kematian Bayi

Vera Farah Bararah : detikHealth

detikcom - Jakarta, Angka kematian bayi di Indonesia masih sangat tinggi.
Penyebabnya bisa bermacam-macam mulai dari kekurangan gizi, adanya masalah
kesehatan pada bayi sejak lahir dan karena penyakit yang berbahaya. Salah satu
cara mengurangi angka kematian bayi tersebut adalah dengan memberikan vaksin
IPD (Invasive Pneumococcal Disease).

IPD adalah sekelompok penyakit seperti radang paru (pneumonia), radang selaput
otak (meningitis) dan infeksi darah (bakteremia) yang penyebab utamanya adalah
Streptococcus pneumoniae. Penyakit ini telah mengakibatkan kematian anak lebih
dari 1 juta tiap tahunnya, dan pasien yang berhasil sembuh biasanya mengalami
kecacatan.

"Radang paru atau pneumonia merupakan penyakit IPD yang paling sering terjadi
dengan angka kematian 5 sampai 7 persen dan rata-rata menyerang anak berusia
dibawah 2 tahun," ujar Dr. Jeffry Senduk, SpA dalam acara seminar mengenai
imunisasi pada anak di Siloam Hospital Kebon Jeruk, Jakarta.

Gejala yang ditimbulkan tiba-tiba panas tinggi, menggigil, sakit dada, batuk
berdahak, pusing, jantung berdetak cepat, lesu dan lemas. Namun kadang-kadang
disertai dengan mual, muntah dan sakit kepala.

Penyakit infeksi darah (bakteremia) merupakan kelanjutan dari pneumonia dengan
lebih dari 50.000 kasus per tahun. Sedangkan radang selaput otak (meningitis)
biasanya dimulai dengan pneumonia. Gejalanya berupa sakit kepala, muntah,
gelisah, panas, leher kaku, kejang dan koma, bila berhasil sembuh akan
meninggalkan kecacatan seperti lumpuh, tuli, epilepsi dan masalah mental.

Penularan penyakit ini melalui udara saat bersin, batuk atau berbicara.
"Sebenarnya kuman tersebut sudah pada daerah hidung dan tenggorokan dengan
jumlah yang normal, tapi dalam jumlah tertentu kuman ini bisa mengakibatkan
IPD," ujar Dr. Theresia Adhitirta, Product Manager Wyeth.

Theresia menambahkan kelompok umur yang berisiko terkena IPD adalah anak-anak
usia dibawah 2 tahun, karena daya tahan tubuhnya masih lemah dan sistem imun
dalam tubuhnya belum terbentuk secara sempurna.

IPD bisa dicegah dengan melakukan hidup sehat, nutrisi bergizi serta melakukan
vaksinasi IPD yang sudah direkomendasikan oleh Satgas Imunisasi Ikatan Dokter
Anak Indonesia (IDAI) sejak Juni 2006, sedangkan di dunia sudah sejak tahun
2000.

"Efektifitas dari vaksin ini jika diberikan dengan dosis lengkap sebesar 97,4
persen, jadi jika anak yang sudah divaksin terkena IPD gejalanya jauh lebih
ringan sehingga bisa disembuhkan," ujar Dr. Theresia.

Dosis 1 saat berusia 2 bulan, dosis 2 saat berusia 4 bulan, dosis 3 saat
berusia 6 bulan dan yang terakhir saat berusia 12 sampai 15 bulan. Bagi yang
terlambat tetap bisa divaksinasi, jika berusia 7 sampai 11 bulan diberikan 3
dosis, 12 sampai 23 bulan diberikan 2 dosis dan lebih dari 24 bulan hingga 9
tahun diberikan 1 dosis.

Efek samping yang sering terjadi hampir sama dengan vaksinasi lainnya yaitu
kemerahan dan rasa sakit di tempat suntikan, demam yang tidak tinggi dan
biasanya mengakibatkan kepanikan orang tua. Pemberian parasetamol bisa
mengatasi efek samping tersebut.

Dengan memberikan vaksin IPD pada bayi Anda, bisa mencegah bayi atau anak
terkena penyakit yang disebabkan oleh infeksi pneumokokus ini. Sehingga jumlah
bayi yang meninggal akibat penyakit ini jauh berkurang dan bisa menurunkan
angka kematian bayi di Indonesia.

Powered by Telkomsel BlackBerry®