From: Sylvia Radjawane <sylvia.radjaw...@gmail.com>
To: balita-anda@balita-anda.com
Sent: Fri, June 3, 2011 12:25:28 PM
Subject: Re: [balita-anda] Oot-asal alat musik mandolin

hi mom Nino & Darrell,

Kalau refer dari _Wikipedia_ sih, asal mula instrumen ini dari Italia,
bahkan nama 'original' nya pun tetap dipertahankan dari dulu: Mandolin.
(http://en.wikipedia.org/wiki/Mandolin)

Ya, bicara Italia mungkin ada hubungannya dengan para imigran Italia (atau
Eropa umumnya) dulu yang 'merantau' ke negara/benua lain, so Mandolin ini
mulai dikenal di negara/benua lain.  Nggak heran instrumen ini juga
'dikenal' dalam old country music USA (hehe .. jadi ingat Scotty jawaranya
American Idol kemarin ;)), di Indonesia juga sempat mewarnai musik asli
keroncong kita (hmm ... nggak tahu apa ada hubungannya dengan 'kunjungan'
Portugis yang termasuk klan Eropa ke sini bahkan juga Filipina :))

So, kalau baca sekilas 'sepak-terjang' nya Mandolin ini, mungkin bisa
dibilang dia bukan 'asli' instrumen musik Indonesia ..

cheers,
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi

<deleted>

Kirim email ke