kalo saya pernah papsmear di laboratorium klinik di solo, ada 2 macam tarif,
yaitu 50rb dan 250rb. bedanya di cara pemeriksaannya...tentunta lebih akurat
yang 250rb.
kalo dari hasil pemeriksaan sel kankernya negatif, bisa diulang 2 tahun
lagi. ada rekomendasi dari kliniknya.
siapa yang wajib periksa? para wanita yang pernah melakukan hubungan intim,
meskipun belum menikah. itu info yang saya tahu dari dokter kandungan
saya....

kalo mamo, minimal usia 35 tahun. karena sebelum usia itu, sel2 payudara
masih berkembanh.sedangkan setelah usia 35 tahun, sudah berhenti berkembang.
syaratnya tidak boleh pas haid atau mendekati haid. karena pada saat
menjelang atau pas haid, sel2 payudara sensitif, sedangkan pemeriksaan agak
ditekan sedikit, jadi hal itu untuk menghindari rasa sakit saat pemeriksaan.

itu juga info dari klinik tempat saya periksa. waktu itu saya pingin tes
mammo, tapi ditolak karena usia saya saat itu 32 th.