From: Sylvia Radjawane <sylvia.radjaw...@gmail.com>
Date: Mon, 27 Jun 2011 17:48:06
To: <balita-anda@balita-anda.com>
Subject: Re: [balita-anda] Ask-Kembar air?

hi mom Nino & Darrell,

hehe ... saya malah baru tahu ada istilah 'kembar air' ini :)

Dulu waktu kehamilan anak pertama, saya cukup 'akrab' dengan istilah
'poligohydramnion' atau 'hydramnion' alias berlebihan cairan ketuban, karena
saat itu saya sempat mengalami 'oligohydramnion' (kasus kebalikannya alias
kurang cairan ketuban).
Nah, ternyata istilah 'kembar air' ini adalah nama yang suka dipakai untuk
kasus 'poligohydramnion' :)

Singkatnya, ini termasuk kasus yang kadang dialami ibu hamil pada masa
kehamilannya.  Deteksi awal, selain kelihatan dari bentuk fisik (mis.: cepat
sekali 'gede' bentuk perutnya, agak sulit bernapas, dll.), dari pemeriksaan
USG bisa terlihat angka AFI atau indeks dari cairam amnion, lebih dari level
normal (saya lupa level normalnya berapa :))

Singkatnya lagi, jumlah cairan ketuban dalam rahim berlebih karena
'something wrong' terjadi dari siklus yang melibatkan cairan ini.
Normalnya, cairan ketuban di 'minum' oleh janin dan dia akan 'BAK' dalam
bentuk cairan ketuban juga.  Karena 'something wrong' ini, mungkin ada
'gangguan' di sistem tubuh janin atau 'gangguan' di plasenta yang buat
'siklus' tidak bekerja normal sampai harus ended up dengan 'kekurangan' atau
'kelebihan' cairan amnion alias cairan ketuban.

Penyebabnya banyak yang 'unknown' bisa juga karena infeksi tertentu dalam
tubuh ibu hamil. Yang biasa dilakukan memang diobservasi ketat dan teratur
oleh DSOG nya untuk lihat perkembangan janin dan perkembangan volume cairan
ketuban.  Baik poligo atau oligo hydramnion kadang harus ends up dengan
persalinan prematur karena faktor infeksi atau kontraksi yang terpicu lebih
cepat.  Bisa juga bersalin hingga waktu persalinan normal karena, somehow,
cairan ketuban bisa kembali ke level normal (at least ini yang bisa terjadi
untuk kasus oligohydramnion).

Mungkin further and detail info tentang 'kembar air' bisa mbak search lebih
lanjut di _Google_ menggunakan keywords: 'poligohydramnion' atau
'hydramnion' ini. :)

cheers,
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi

<deleted>

Kirim email ke