Mba Valeria,

Kalo menurut aku sih bedanya antara tabungan pendidikan dengan asuransi
pendidikan adalah hasil yg diperolehnya.

Kalau tabungan pendidikan murni (walaupun tetap ada cover asuransi jiwa untuk
meninggal dunia si tertanggungnya), tapi, biasanya hasil yg diperoleh sudah
pasti brp nya dan tdk terlalu besar untuk mengcover biaya pendidikan yg msh
bbrp tahun kedepan (krn tingkat inflasi biasanya jauh lebih tinggi, sedangkan
investasi kita, kita tidak bisa pilih jenis instrumennya mau dimasukkan ke
bagian apa, saham kah, reksadana kah alias sudah pasti), nah, misal. Kalau buat
tabungannya wkt usia anak msh di usia 1 tahun, pas sd, akan keluar dana sebesar
Rp. A, kemudian pas smp keluar lagi sebesar Rp. B, dan pas smp, sma, univ (ada
yg per tahun keluarnya, ada juga yg sekali doank keluarnya), keluar univ (ini
ada yg keluar ada juga yg nggak) abis itu selesai. Untuk tabungan pendidikan
ini yg mengeluarkan setahu saya ada dari pihak perusahaan bank, maupun dari
pihak perusahaan asuransi.

Sedangkan kalau asuransi pendidikan, nilai yg diperoleh belum pasti (bergantung
ke hasil investasi dari pengelolaan pihak perusahaannya, tapi kita bisa pilih
ke jenis instrumen investasi apanya), bisa diambil kapan saja tapi umumnya
disarankan diambil setelah 5 tahun menabung, umumnya nilai return nya lebih
tinggi menurut ilustrasi. Tapi, ya kalau pas jatuh (misal jaman 2005 ato 2006,
reksadana jatuh) pas kita mau ambil, ya nilai investasinya tetep aja jadi
rendah bahkan bisa minus (alias gak menghasilkan). Sama2 di cover asuransi jiwa
juga. Umumnya jenis produknya dalam bentuk unitlink (bisa digabung dg jenis
asuransi lainnya. Bukan hanya wholelife/meninggal dunia saja).

Sebenernya, kalau memang ada waktu dan mau urus sendiri, sebaiknya untuk biaya
pendidikan ke depan (apalagi univ), diinvestasikan ke emas, obligasi, reksadana
atau saham. Krn hasilnya lebih besar (jika jangka waktu panjang). Sedangkan
untuk asuransi jiwa, bisa ambil terpisah ke pihak perusahaan asuransi dg jenis
asuransinya wholelife. Tapi, kalau memang gak ada waktu, gak mau repot, atau
gak ngerti (krn kalo diajarin juga tetep gak mudeng. Hehehe), ya udah, ambil
aja yg jenisnya asuransi pendidikan atau unitlink.

Nah, kalo perusahaan apa yg terbaik? Ya kalo menurut aku, harus disesuaikan dg
kebutuhan kita apa, dipelajari baik2 plus minusnya, biaya2nya, tenaga
penjualnya, dsb.

Jadi, sebaiknya, kenali dulu apa yg menjadi kebutuhan kita, barulah cari tahu
banyak ttg jenis dan perusahaannya, abis itu, tentukan deh...

Kalau saya sendiri, ambil yg tabungan pendidikan rencananya untuk biaya sd,
smp, nambah2 biaya sma, univ, dan keluar univ (walaupun gak seberapa kalau kita
lihat di 15th-20th ke depan). Ambil unitlink, krn belum ngerti dan belum berani
untuk urus sendiri investasi langsung ke jenis instrumennya. Investasi di emas
juga. Krn lebih simpel dan paling pasti menurut aku, walaupun pergerakannya
agak lambat. Baru bisa jelas2 kelihatan hasilnya di minimal 3th kedepan
(menurut analisa saya). Selanjutnya mau nyoba investasi di reksadana dan saham.

Semoga membantu ya Mba... Maaf, kalo kepanjangan.

Rgrds,
Rika

Sent from my BlackBerry® smartphone from my lovely bb...