Anak saya yang baby juga belum divaksin IPD ini, padahal biaya diganti
kantor. Mengapa tidak divaksin IPD? Karena belum ada penelitiannya,
cocok tidak untuk strain di indonesia jadi saya belum 100% yakin.
Kalau HiB yang penyebab pneumonia dan meningitis juga sudah ada
penelitiannya di Indonesia dan cocok. Jadi saya kasih.

Ada dua merek setahu saya, yang satu 800-900 ribu Prevnar. merek satu
lagi 500-600 rb, lupa saya namanya.

Nanti kalau sudah ada penelitiannya di Indonesia dan saya yakin,
mungkin baru saya kasih ke si baby.