mungkin memang hanya terlambat bicara mom...terus ajari dia ngomong, selalu
betulkan kalo dia salah ngomong, misalnya cedal atau yang lain.....jangan
malah ikut2an cedal dan mentertawakan karena biasanya menurut orang dewasa
itu lucu....sering2 juga ajak dia bicara...jangan pernah dia dibiarkan
sendiri....selalu didampingi....
mungkin terapi wicara menurut dokter tidak perlu, tapi menurut saya,
penanganan oleh ahlinya mungkin bisa mempercepat lancarnya dia bicara..
karena saya juga punya anak umur 5 tahun, bicaranya juga sampai skrg blm
bagus....
menurut saya, penyebabnya karena dulu waktu usia 1-2 tahun, sama pengasuhnya
hanya ditontonin tv, tidak diajak bicara....sehingga menunjukkan gejala
autis..karena terbiasa sendirian. padahal anaknya pintar....
sampai sekarang dia terapi di klinik tumbuh kembang anak, dan hasilnya jauh
lebih baik daripada ketika saya sendiri yang mengajari..
karena jujur saja, kita sebagai orang tua kadang tidak bisa tegas pada anak,
berhenti kalo anak nangis atau ngambek, padahal dalam mengajari anak, baik
normal maupun mengalami keterlambatan, itu adalah pantangan besar....
sering2 juga kasih pujian jika dia bisa mengucapkan kata dengan benar,
jangan pelit memberi hadiah, meskipun itu hanya makanan kecil kesukaan
dia....

saya bukan menakut2i lho mom, saya hanya sharing yang saya alami dengan anak
kedua saya....

maaf jika tidak berkenan...
salam

novi