hi pak Andi,

Mungkin si kecil masih tetap agak batuk2 karena ibunya pun masih batuk2 ya,
pak?
Kalau selama ini, ibunya yang cukup intens handle dia, siapa tahu memang
infeksi 'batuk' nya masih beredar di seputar mereka berdua :)
Kalau ingin 'eksperimen', coba ibunya sambil usaha untuk membuat batuknya
reda, usahakan meminimalkan kontak langsung dengan si kecil, dalam arti
tetap handle si kecil di rumah tapi persering pakai masker, persering cuci
tangan, dll.  Observe lagi, ada kemajuan nggak dengan si kecil, at least
batuknya berkurang frekuensinya atau malah hilang. Kalau memang 'nggak ada
pengaruhnya', mungin ada penyebab lain.

Issue lain, karena kelihatannya 'agak batuk', bukan batuk berdahak yang
sampai 'berat' bahkan untuk bernapas, cukup kontinu (observe lagi, munculnya
di waktu2 tertentu, mis. malam atau dini hari atau malah sepanjang hari),
tidak ada gejala lain (mis. demam, pilek, pusing kepala, dll.), batuknya
on-off atau nggak, dll. lebih observe lagi apa gejala ini termasuk kategori
alergi untuk anak dan ibunya.
Kalau memang 'curiga' dengan kemungkinan alergi, observe lagi kemungkinan
pencetusnya di rumah (hehe ... memang jadi banyak PR observasinya, tapi
kadang justru itu jawabannya :)).  Bisa karena makanan tertentu, cuaca,
kondisi di rumah/kamar, debu, dll. Coba hindari pencetusnya dan observe
lagi, ada perubahan nggak dengan pola batuknya.

Kalau memang tetap tidak ada 'kemajuan' berarti, bahkan batuknya mulai
membuat tidak nyaman, konsultasikan dengan dokter.  Jangan lupa, ceritakan
lagi hasil observasi yang sudah dilakukan selama ini, supaya beliau terbantu
dan bisa sekaligus 'mengeliminasi' kemungkinan beberapa faktor penyebab dari
mendengar cerita pasiennya.

semoga istri & anak cepat 'putus hubungan' dengan batuknya ya, pak :)
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi

Kirim email ke