Dapat dari temen, maaf untuk yang tidak berkenan...

salam,
risa

     Hidup Sehat Dan Bahagia Tanpa Mengeluh

By: M. Agus Syafii

Mengeluh adalah sesuatu yang sepele, terkadang dianggap angin lalu begitu
saja, namun bila mengeluhnya hampir setiap hari dengan keluhan yang sama,
seperti merasa sakit tetapi tidak tahu sakit apa karena dokter juga tidak
menemukan sakitnya apa maka hal ini adalah gejala depresi.

Di Rumah Amalia Seorang Ibu muda bertutur sudah lama tidak bisa tidur.
Cemas, gelisah dan bingung karena tidak bisa tidur, 'setiap malam saya
berusaha tidur namun saya tetap tidak bisa tidur, saya gelisah, bangun,
tidur lagi. Saya suka marah melihat suami yang tertidur pulas sementara saya
tidak bisa tidur.' Sampai oleh dokter dia dikasih obat penenang agar bisa
tidur. 'Rasanya saya tidak bisa tidur tanpa obat itu, padahal saya pengen
melepaskan diri dari ketergantungan obat tidur itu.' tutur ibu muda itu
dengan wajah kusut, muka terlihat cemas dan tegang.

Bahkan ada orang yang mengeluh seolah tiada hari tanpa mengeluh bahkan ada
yang memiliki kebiasaan berganti-ganti dokter dan semua dokter jawabannya
sama, 'anda tidak ada kelainan, anda hanya banyak pikiran.' karena
berdasarkan hasil laboratorium menunjukkan semuanya normal sehingga dengan
keluhan tiada habisnya membuat dirinya benar-benar sakit bahkan seluruh
keluarganya ikut sakit, tanpa disadari oleh dirinya telah menyebarkan
kebiasaan mengeluh sakit sehingga anaknya juga mengeluh dengan keadaan yang
sama, merasa dirinya sakit.

Gangguan ini biasanya disebut dengan gangguan 'Somatoform' atau yang dikenal
dengan 'psikosomatis.' Kalo tidak ditangani dengan baik maka penderita akan
cemas, takut, tidak mampu dan hidupnya tidak berfungsi dengan baik, karena
merasa selalu sakit, dikantor tidak banyak yang bisa ia perbuat, sering
tidak masuk kantor, tidak tahu sakitnya apa karena tidak ada dokter yang
bisa menyakinkan dirinya akan sakit yang dideritanya. Apakah hal ini
merugikan? Tentunya saja hal ini merugikan selain merugikan diri sendiri,
merugikan keluarga, tempatnya bekerja bahkan kecemasan dan ketakutannya
menyebar kepada orang-orang disekelilingnya.

Lantas bagaimana untuk mengatasi bila anda mengalami hal seperti ini?

Pertama, Berhentilah mengeluh, syukurilah hidup ini sebagai anugerah . Bila
anda mengalami peristiwa pada masa lalu yang membuat anda sakit hati, kecewa
dan marah, biarkanlah itu berlalu. Upayakan untuk berhenti mengeluh kepada
siapapun. Walaupun ada dorongan atau desakan ingin mengeluh bertahanlah,
kalo bisa bertahan untuk tidak mengeluh itu berarti gangguan psikosomatis
sudah dari setengahnya menurun.

Kedua, Sebagai gantinya mengeluh gunakan dengan lebih mendekatkan diri
kepada yang maha kuasa, untuk mengkonsentrasikan pikiran & curhatnya
kepada yang maha kuasa maka hati dan pikiran mampu dibersihkan dari segala
kegelisahan, kecemasan dan kesedihan.

Ketiga, berkumpullah dengan orang-orang yang berpikir positif sehingga anda
mampu dipengaruhi oleh pikiran-pikiran yang positif dengan demikian anda
mampu hidup sehat tanpa mengeluh. Maka dengan demikian hidup anda menjadi
lebih indah, lebih sehat dan lebih membahagiakan.

Wassalam,
M. Agus Syafii

Kirim email ke