hi jeng Mia & jeng Sofia,

Saya kurang tahu untuk brand susu bubul lainnya, tapi teman saya ada yang
pernah coba susu _ChilKid_ rasa madu untuk balitanya, dan menurutnya susu
tsb. rasanya manis, bukan susu 'plain' lagi.
Sekadar asumsi saya, lepas dari manfaat madunya sendiri, apa memang
kandungan madu pada susu bubuk/bubur instan adalah salah satu media untuk
memperkenalkan rasa manis pada si kecil, bukan masalah gizi karena kita
semua tahu homamade food dan susu cair jauh lebih bergizi.
Dan untuk issue ini, saya pikir makin besar usia anak, kebutuhan kalori
memang bertambah tapi juga nggak langsung berarti nutrisi pun bertambah
'manis' :)

Setuju dengan mbak Catur, lebih baik menunda rasa manis/flavor dari susu
cair  'as long as possible', dan ganti dengan flavor yang lebih alami dari
buah-buahan if necessary.  Rasa manis dari susu non-plain berarti sudah ada
tambahan kalori dari kalori lain yang sudah cukup buat anak kita,
Susu cair plain juga salah satu antisipasi dari indikasi lainnya: ogah makan
makan lain karena 'kenyang susu ++' (++ dari tambahan kalori rasa
coklat/stawberry/mocca, dll.), risiko caries (gigi dan ruang mulut 'diserbu'
terus-terusan dengan yang manis), juga obesitas (yang sudah nggak 'aneh'
lagi melanda anak2 kecil sekarang)

Madu selalu jadi 'incaran' kalau wabah radang tenggorokan/batuk sudah
melanda di rumah saya :)  Kalau sudah begitu, mulai demand untuk 'jeruk
nipis/kecap + madu' sangat besar.
Lucu juga, kalau sudah mulai siapkan 'obat' ini dan mulai anak2 saya
berbaris seperti KA dan mereka masing2 menamai diri dengan tokoh2 di _Thomas
& the train_ sesuai warna baju mereka saat itu (Luigi sampai bela-belain
ganti baju biru supaya tetap dinamai seperti tokoh idolanya _Thomas_), dan
mulai membunyikan peluit sebelum 'mangap' diberi 'obat' tadi :)  Lumayan,
'obat' seperti ini lancar diberikan karena ada 'game' nya + home treatment
--- jadi cepat recover deh mereka :)

cheers,
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi

Kirim email ke