hi mbak Dilla,

Kalau sudah urusan penyimpanan ASI perah memang jadi ada beberapa faktor
yang dicermati, mulai dari teknik penyimpanannya, alat (freezer) yang
dipakai, container yang dipakai untuk menyimpan ASI perah, dll.

Kalau ASI perah sang ibu tidak membeku tapi yang punya kakak iparnya membeku
normal, mungkin memang tidak ada masalah dengan freezernya, dengan catatan:
* ASI perah ditaruh di tempat yang tepat (bukan bagian pintu freezer) supaya
suhu tetap rendah dan konsisten/ nggak berubah karena buka tutup freezer)
* orang serumah sudah 'paham' tentang penyimpanan ini jadi tidak ada yang
'tidak sengaja' memindahkan kontainer.
* make sure juga freezer tidak pakai metode auto-defrosting :)

Kalau memang penyimpanan kontainer berikutnya tetap nggak juga membuat ASI
perah membeku, mungkin bisa mulai observasi, mumpung masih cuti melahirkan,
dan amati:
* Coba simpan di freezer yang lain
* Coba ganti jenis/ukuran containernya
* Jangan isi container dengan ASI perah sampai penuh
* Jangan isi container ASI perah yang sudah dibekukan dengan ASI perah yang
'fresh'
* Cermati warna dan kekentalan ASI perahnya - apa perbedaan kekentalan juga
berpengaruh dengan cepat/tidaknya ASI perah membeku. Kalau sempat, cermati
juga nutrisi ibu menyusui saat memerah ASI perah tsb., apakah ada perbedaan
dalam bentuk/warna/kekentalan ASI perah dan kondisi membekunya di freezer.
Untuk lebih praktis, mungkin bisa mulai isi beberapa kontainer ASI perah
langsung dengan jenis/ukuran kontainer berbeda, diisi dengan volume yang
bervariasi, lebih cermat dengan kontainer2 yang isi ASI perahnya berbeda
warna/kekentalan.

Seharusnya, sudah bisa dilihat dengan cara2 di atas problem 'ASI perah susah
beku' mudah2 an bisa diselesaikan. Kalau pun selama 'eksperimen' ini, ASI
perah masih belum berhasil 'beku' juga, cicipi sedikit untuk lihat
kelayakannya, bisa sajikan untuk si kecil dulu supaya tidak terbuang.
Kalaupun ASI belum membeku juga, stok ini masih layak digunakan asal cermat
dengan waktu penyimpanannya (yang pastinya lebih singkat dari stok yang
beku).

cheers,
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi