Pak,

Sudah mau lewat 2 minggu? Biasanya setelah 14 hari, hati bayi sudah bisa
mengolah dengan baik. Mulai lagi berikan ASI. Nah selama ini ASI usahakan tetep
diperah ya kalo gak dikasihin ke sidedek, karena asi diproduksi sesuai dengan
yang dikeluarkan. Nah kalo terlihat ogah2an minun asi langsung, bisa jadi
karena bingung puting, soalnya kalo minum dari botol kan gak perlu usaha ya.

Btw, anak saya yg kedua termasuk yg susah banget mimik susu ASInya. Jadi saya
gak pake diaper, pake popok biasa, kalo dia nangis karena popoknya basah, buru2
dijejelin ASi, pasti mau. Trik lainnya, saya kitik2, saya bukain baju2nya, baru
dia nangis, terus dikasih nenen deh. Proses ini kurabg lebih 3 minggu saya
jalani. Soalnya kalo gak dipaksa begini, susah bener dia nenennya, anaknya
anteng, jarang nangis. Jadi tiap 2-3 jam saya paksa buat nenen langsung.

Setelah mendekati 1 bulan, dia dah pinter nenennya, baru saya pakein diaper.
Dia dah tahu kapan dia laper, gak perlu dipaksa.

Dot kepaksa saya kenalkan usia 2 bulanan lebih, karena saya masuk kantornya
dipercepat. Untungnya dia gak bingung puting.

Sent from my iPhone