From: "Muslifa.Aseani" <zalwa...@gmail.com>
Date: Sat, 5 Nov 2011 09:44:04
To: <balita-anda@balita-anda.com>
Subject: Re: [balita-anda] Jaminan Persalinan
REPOST:
------------
Sylvia Radjawane
<sylvia.radjaw...@gmail.com>    Thu, Jun 16, 2011 at 11:21 AM
To: balita-anda@balita-anda.com
Reply | Reply to all | Forward | Print | Delete | Show original
hi BA ers,

Yap, seperti yang di-shared mbak Chika, sekarang ada namanya Jampersal,
program dari Pemerintah.

Sekadar sharing :)
Kebetulan salah satu asisten RT yang 'pulang hari' di rumah saya, sejak
tahun lalu hamil anak ke-2.  Karena dia memang 'bertugas' di sore sampai
saya pulang kantor, ganti 'shift' dengan asisten 'pulang hari' lain di
session sebelumnya, dan memang job desk seputar menemani 2 anak saya yang
kecil bermain, sampai usia kandungan 6 bulanan masih rajin ke rumah untuk
bertugas :). Itu sebabnya saya cukup mengikuti perkembangan kehamilannya
minggu demi minggu.

Selama itu, dia cukup rajin cek kehamilan di bidan terdekat. Eh, ternyata
masuk trimester ke-3 kehamilan, baru ketahuan kalau anaknya kembar :)  Saya
mulai berpikir, indikasi seperti ini kemungkinan besar harus ends up di RS
untuk persalinan nanti.  Browsing internet, dapat info tentang Jampersal
ini.  Saya mulai briefing dia dan suaminya untuk persiapan menggunakan
program jaminan ini.  As usual, mereka sempat 'apatis' dengan program ini,
merasa bahwa nantinya akan dipersulit atau tetap harus membayar mahal,
apalagi biaya RS.  Tapi, saya pikir, program ini cukup reliable dan pasti
jauh lebih berguna bagi keluarga asisten saya, mengingat persalinan 2 anak
langsung tentu memakan biaya yang besar, bahkan pasca bersalin sekalipun.

Saya tinggal di daerah Serpong, dari info hasil browsing, RS rujukan
terdekat adalah _RSU Tangerang_. Saat usia kandungan asisten RT saya sekitar
34 mingguan, saya coba telepon RS tsb. untuk tahu lebih banyak info
Jampersal untuk kasus asisten RT saya, apalagi persalinan anak kembar kadang
harus lebih awal dari masa term-nya (yang artinya tinggal beberapa minggu
lagi).

Berbicara dengan bagian pemasaran RS tsb. disambut dengan ramah dan
dijelaskan dengan komprehensif tentang program ini. Kurang lebih general
infonya:
* Program ini berlaku untuk setiap (calon) ibu yang memang tidak dicover
asuransi apa pun
* Persyaratan dokumen: KTP, KK dan Surat Rujukan dari bidan/puskemas/klinik
bersalin sebelumnya yang menyatakan bahwa kasus (calon) ibu yang akan
ditangani memang memerlukan treatment dan sarana lebih lengkap di RS Umum.
* KTP dan KK (calon) ibu untuk referensi bahwa RS yang dituju memang RS
rujukan di area tempat tinggal (calon) ibu tsb.
* Kelas Rawat Inap harus di kelas 3.
* Sama sekali tidak keluar biaya :)

Ternyata memang seperti yang diperkirakan, 2 minggu kemudian saya dapat
kabar dari suaminya, kalau asisten RT saya sudah masuk ke RS. Proses
admission berlangsung lancar karena mereka sudah mempersiapkan semua dokumen
jauh hari. Kasus janin kembarnya membuat dia harus bersalin via caesar.
Sempat dimonitor 2 harian karena tekanan darah ibu dan kondisi janin perlu
dibuat stabil dahulu (ini pun sempat membuat keluarga pasien had a prejudice
kalau pasien ditelantarkan ;)).

Untungnya, kondisi cepat membaik dan stabil, dan akhirnya kedua bayi kembar
lahir, ibu dan anak sehat dan cepat pulih. All are free of charge :)
Saya ikut happy karena informasi program ini at least membantu mereka yang
memang sangat memerlukannya.  Bisa dibayangkan kalau mereka harus membayar
biaya paket persalinan & operasi tsb. atau malah mengambil keputusan untuk
bersalin dengan sarana atau SDM yang tidak cukup memadai.

Anyaway, kemarin baca berita di harian _Kompas_, langsung prihatin dengan
kasus persalinan dan pasca persalinan yang sayangnya berujung tragis. Calon
ibu di daerah Cipondoh Tangerang mengalami komplikasi pasca bersalin dan
saat perawatan terpaksa dibawa pulang keluarganya dari RS di Tangerang.
Issuenya tetap sama, biaya yang membengkak dan tidak ada jaminan kesehatan
(ada dispute antara kedua pihak, keluarga pasien merasa punya kartu
'Multiguna' tapi ditolak, pihak RS menyatakan tidak ada kartu yang diajukan
pasien while Jampersal tidak digunakan, dsb.)  Belajar dari kasus ini, ada
Jampersal yang mungkin kendalanya ternyata adalah informasi yang tidak
sampai ke pihak yang membutuhkan, yang seharusnya tidak perlu sampai
menimbulkan korban nyawa ibu sekaligus seorang bayi baru lahir yang
motherless ...

So, siapa tahu ada asisten RT/keluarganya atau orang lain yang memang
membutuhkan info ini, please feel free to spread this program info :)
This simple thing means a lot for their finance and even life ...

cheers,
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi

-BunSalâ„¢-
@Sea_set I @Memasak_Singkat
-- 088 1248 4276 -- www.pusatled.com --