betul sekali, saya kemarin dipinjamkan buku parenting oleh kakak sepupu
ipar. Saya membaca sambil menangis, karena pernah merasakan didikan yang
tidak enak yang efeknya saya rasakan sampai sekarang. Efek dari parenting
metode konfensional ( orang kebanyakan yang intinya banyak mengkasari anak
).

mungkin ini yang ada kolerasinya  tulisan mba dengan dunia anak :

Jika anak dibesarkan dengan *celaan*, dia belajar *memaki*

Jika anak dibesarkan dengan permusuhan/kekerasan, dia belajar membenci

Jika anak dibesarkan dengan cemoohan, dia belajar rendah diri

Jika anak dibesarkan dengan hinaan, dia belajar menyesali diri

Jika anak dibesarkan dengan toleransi, dia belajar menahan diri

Jika anak dibesarkan dengan pujian, dia belajar menghargai

Jika anak dibesarkan dengan dorongan, dia belajar percaya diri

Jika anak dibesarkan dengan sebaik-baiknya perlakuan, dia belajar keadilan

Jika anak dibesarkan dengan rasa aman, dia belajar menaruh kepercayaan

Jika anak dibesarkan dengan dukungan, dia belajar menyenangi dirinya

Jika anak dibesarkan dengan kasih sayang dan persahabatan, dia pun belajar
menemukan cinta dalam kehidupan

“CHILDREN LEARN WHAT THEY LIVE” .. demikian buku karya Dorothy Law Nolte

Kirim email ke