Kalau tentang ini saya punya pengalaman.
Seminggu terlambat datang bulan ternyata positif, namun seminggu kmdn keluar
flex. Langsung saya hubungi dokter kandungan (Dr Sigit, RS Mitra Sby),
hasil USG umur janin 1,5 bulan dan saya harus langsung opname (bed rest
di RS).
Selama perawatan itu saya dipantau terus. (maaf) buang air besar/kecil
harus panggil suster tdk boleh ke KM, makan tdk boleh duduk, sambil
tiduran. Mandi cukup dilap suster. Tdk boleh banyak gerak.
Memang benar, setelah hari kedua tdk keluar flex, begitu terus hingga
hari kelima akhirnya boleh pulang, lanjut istirahat di rumah 15 hari.
Setelah itu kontrol ke dokter di USG, hasilnya cukup bagus. Di situ
dokter baru bilang, kalau hasil USG kurang bagus terpaksa digugurkan.
Mengenai obat penguat, saya minum terus hingga 1 bulan setelah flex yg
terakhir.

Ketika melahirkan, mungkin karena minum obat penguat di awal kehamilan,
lahirnya mundur 1 minggu, sempat diputuskan untuk caesar namun ternyata
mampu lahir normal 7 jam sebelum dicaesar.

Perkembangannya sekarang :
Umur 2 minggu tatapan mata sudah jelas, sdh gerak mengikuti obyek yg
dilihat.
Umur 1,5 bulan sdh mulai angkat kepala, umur 2,5 bulan sdh mampu nyangga
kepala sendiri, dan banyak perkembangan yg saya rasa lebih cepat
dibanding kakaknya dulu. Kakaknya perkembanganny ajug avepat, namun
adiknya ini lebih cepat lagi. Sungguh diluar dugaan, karena saya sewaktu
hamil juga sempat khawatir macam2.
Teman saya bilang, ada temannya yg bedrest hingga waktunya lahir
ternyata bayinya meninggal.
Mungkin yg perlu diperhatikan adalah :
- istirahatnya adalah istirahat total, dan itu tdk bisa di rumah. Kalau
di rumah pasti masih ada entah apa saja yg membuat tdk bisa istirahat
total berjalanlancar.
- Pemilihan dokter. Saya pilih Dr Sigit, bukan berdasar dokter yg laris,
pengalaman hamil pertama, kalau dokter terlalu laris pasien kurang
diperhatikan, waktu melahirkan tiba dokter masih bersama pasien di RS
lain. Di bulan ke 8 saya memang pindah dokter, karena Dr Sigit punya
rencana menikahkan anaknya  di bulan perkiraan lahir anak saya, siapa
tahu sewaktu anak saya lahir dokter sedang susah dihubungi.
- Vitamin & obat yg dikonsumsi.
Demikian sharing saya semoga bermanfaat.
******
Dear milister,

Istri adik ipar saya kemarin masuk RS karena pendarahan sampai (maaf...) darahnya
muncrat.
-----dihapus hemat BW----
anna