Dear Ibu Meutia,

Kondisi ibu sama banget sama saya. Ibu bekerja dan tidak ada pengasuh.
Anak saya waktu saya titipkan di day care saat berumur 2 tahun.

Ada baiknya beberapa hari sebelumnya ibu menasehati anak ibu dan
mengulang2nya, bahwa dia akan dititipkan di day care beberapa hari lagi.
dan dibawa 1 atau 2 x untuk visit dan melihat kondisi di day care sebelum
benar2 ditinggalkan disitu.
Dihari pertama memang nangis pada saat ditinggal, tetapi ibunya memang kudu
tega.
Pada hari pertama anak saya tinggal diday care, nangis menjerit dan
meraung2, saya tinggal saja  dan dia langsung dipegang oleh suster di day
care.
menurut laporan siy gak lama setelah itu dia berhenti nangisnya dan
langsung bermain.
memang dibutuhkan kelapangan dan ketegaan ibunya untuk meninggalkan dia
dalam keadaan nangis. selain dia memang ada perasaan takut berada di tempat
asing, tapi anak juga suka menguji kita..
untuk hari kedua dan berikutnya, walopun masih ada rengekan, tetapi
selanjutnya dia akhirnya terbiasa kalau harus tinggal di day care beberapa
jam.

efek kedepannya, saya lihat anak saya yang kedua ini lebih mandiri setelah
ditinggal di day care.

saya tinggal daerah bsd, dan kerja di bsd juga,  jadi mohon maaf day care
daerah kuningan dan gatsu kurang begitu tahu. tapi saya pernah survei yang
di park royale lumayan bagus tempatnya.

Salam,
--
supermOm moLeGH