Kadang-kadang ibu-ibu *dan bapak2*, sering dipusingkan pemilihan alat KB yg
tepat setelah lahiran, untuk mencegah kelahiran dalam jarak dekat kan?

Siapa tahu ada yg membutuhkan sharing tentang pemasangan IUD ini, mudah2an
bermanfaat.

Sharing ini sudah pernah diposting lama di blog pribadi saya, mungkin dari
pembaca milis ini ada yang bukan "contact",
jadi ga bisa baca sharing itu, so saya sharing disini, biar bisa dibaca semua.
Mudah2an bisa jadi referensi tambahan.

Hm, agak lucu juga (menurutku) sih, soalnya sampe Falda 2th 8bln, emaknya baru
pasang IUD. Lah, kemaren2 kalo gitu pake KB apa??*
Hehehehe....

Memilih-milih KB apa yang paling cocok bagi suami istri setelah menikah, punya
anak, dan ingin menunda punya anak adalah wacana kesekian setelah beberapa
topik-topik lain seperti  pendidikan, biaya hidup, rencana jangka
panjang, kesehatan, dsb.

Aku sendiri sampai butuh waktu 2th lebih sampai akhirnya memutuskan untuk
kembali memilih IUD. Dulu sebelum Falda lahir aku pernah memilih IUD sbg alat
kontrasepsi, tapi di th kedua muncul keluhan, mens yg lebih panjang, sering
flek, sampai suami ga nyaman .

Alat KB atau alat kontrasepsi diluaran ada banyak sekali, knapa aku kembali
memilih IUD? Hehehehe..inilah yg membuatku pusing, soale ga ada pilihan ato
alternatif lain.
Aku penderita migrain yang ga cocok dengan segala jenis KB hormonal, bisa-bisa
migrainku bertambah parah, ato sering kambuh .

Jadi jelas kalau segala jenis pil KB ga cocok untukku, karena ini jenis KB
hormonal, apalagi aku orgnya pelupa, jadi tambah lengkap ga cocoknya.

Pake segala jenis KB suntik juga ga cocok, secara ini juga jenis KB hormonal.

So, alternatif KB jangka panjang yg cukup aman untukku memang IUD, selain
kondom atau steril.
Tadinya sempet kepikiran mo KB steril aja, secara udah punya anak 3. Tapi
pikir2, kalo someday pingin punya anak lagi gimana??  (emangnya masih
pengeeennn???). Rasanya sih masih belum rela untuk bener-bener steril.., walo
belum tentu mau nambah lagi

Akhirnyaaaaa...2 minggu yang lalu, ayah 3F meyakinkan aku untuk mencoba lagi
IUD.
Horeeeee dapat dukungaaannnn, berhubung dapat dukungan, tanpa basa basi langsung
bikin janji sama bidan.

Kebetulan sekali saat itu aku sedang mens, pemasangan IUD selalu menunggu saat
sedang mens, entah mens dihari masih banyak atau di hari2 terakhir, kebetulan
bidan yg ini maunya menunggu setelah mens hari-hari terakhir.

Pas dateng ke bidang, masuk ruang periksa, ngobrol2 bentar sambil bidannya
siap-siapin alat, aku buka celana **upppsss sensor**, pasang selimut, naik ke
tempat tidur, dan mulai deh bidannya siap-siap pasang IUD. Sebelumnya
dijelaskan dulu fungsi IUD apa, alatnya seperti apa, masih dibungkus dan belom
dibuka, trus brapa lama jangka pemakaiannya, dsb. Setelah itu bidannya masih
tetep ngajak ngobrol sambil dia pasang IUD dan taraaaa...ternyata pasang IUD
itu cuma sebentar, ga sampe 10 menit udah beres. Dan rasanya???

Hm, tadinya udah sempet deg-degan karena takut sakit, namanya mo dimasukkin
alat, tapi ternyata ga krasa tuh, sampe begitu bidannya selesai dan bilang
"Udah!", aku sendiri kaget, loh kog cepet bener, ga krasa lagi...hiiiiiyaaahhh,
hebat..Apa bidannya yang jago ya.

Btw, memang aku sengaja masangnya di bidan kog, kalo ke dsog males ngantrinya,
hahaha, kalo ke bidan kan bisa ngatur waktu kapan aja bidannya lowong  Sama aja
kog pasang IUD di bidan ato di dsog, sama ga ada bedanya kalo imunisasi di dsa
& di bidan..hehehe, beda harga n beda antriannya aja

Maya Siswadi - Bunda 3F
YM & FB : m4y...@yahoo.com
Skype  & Twitter : @bunda3f

Kirim email ke