From: laksmi.juw...@gmail.com
Date: Mon, 19 Mar 2012 14:26:25
To: <balita-anda@balita-anda.com>
Subject: [balita-anda] [HELP] Bayi Besar dan Dex 5%
Dear BAers,

Alhamdulillah tadi pagi bayi laki2 saya lahir via sectio, usia kandungan masih
37minggu, karena dari minggu 32 terdeteksi pre eklamsi. Lahir dg berat 4.36kg
panjang 51cm. Nah, dia terus masuk inkubator selama 6jam, dan diperpanjang
sampai 8jaman karena katanya masih kedinginan aja.

Seneng banget anak yg ini bisa IMD wlpn sectio, krn 2 kakaknya ngga IMD (sectio
juga). Yang jadi masalah adalah td dikatakan DSA krn bayinya besar, ditakutkan
gula darahnya cepat drop setelah lepas dari ibu. Jadi diberikan dex 5% sebanyak
10ml per 3 jam. Juga kalau ASI ibu blm keluar juga, disarankan menggunakan susu
formula dulu, ga nunggu 3 hari minimal sampai ASI keluar karena dex juga tidak
boleh digunakan dlm jangka lama. Walaupun keputusan untuk tetap menunggu ASI
diserahkan ke keluarga, tapi dg resiko gula darah bayi drop.

Ada yg punya pengalaman atau info mengenai penggunaan dex ini gak ya? Juga
pengalaman dg bayi besar? apa memang gula darahnya mudah drop?

Saya td sudah coba pijat payudara biar keluar, dibantu pakai _medela harmoni_
dan sempat keluar sedikit ASInya. Bayinya juga setelah keluar dari inkubator
saya minta ke ruangan biar nempel lah minimal isep2 buat merangsang produksi
ASI, sayang aja kalau keduluan formula :( saya kurang mengerti soal dropnya
gula darah pada bayi besar. Tp kalau menunggu ASI sampai 3 hari kan masih aman
kalau normal aja ukuran bayinya ya.

Please advise ya, barangkali ada yg punya pengalaman serupa :)

 Salam,
Laksmi