hi ayahnya Rhea,

Iya ... saya ingat e-mail bapak beberapa waktu lalu tentang benjolan
di kulit Rhea :)
Jadi sudah jelas indikasinya ya, ternyata virus Molluscum Contagiosum
(dari namanya sudah jelas banget sifatnya yang contagious alias
menular) :)

Karena saya juga nggak punya pengalaman dengan issue ini, tadi saya
iseng browsing ternyata ... bang! .. banyak sekali info dari beberapa
website reliable, mostly website favorit saya, tentang virus ini :)

Saya coba copy paste di sini links nya ya, pak.  Links dari _CDC_,
_Mayo Clinic_ dan _Kidshealth_ bisa bapak baca karena bahasannya tidak
terlalu 'medis' dan komprehensif, juga  ada FAQ (pertanyaan yang
sering ditanyakan) untuk virus yang menyerang kulit Rhea ini.

http://www.mayoclinic.com/health/molluscum-contagiosum/DS00672
http://kidshealth.org/parent/infections/skin/molluscum_contagiosum.html#
en.wikipedia.org/wiki/Molluscum_contagiosum
http://www.cdc.gov/ncidod/dvrd/molluscum/faq/everyone.htm
http://www.emedicinehealth.com/molluscum_contagiosum/article_em.htm

Cukup 'jarang' juga ya, usia seperti Rhea tertular virus ini, karena
beberapa info di atas menyebutkan kecenderungan virus ini menyerang
anak yang lebih besar (at least di atas usia 1-2 tahun) bahkan dewasa.

Hasil baca sekilas, ada 2 'kabar baik' nya:

* Seperti yang dijelasin dokter kulit Rhea, infeksi ini disebabkan
virus, akan hilang seiring sistem imun tubuh Rhea yang menguat :)
So, sekarang usianya 9 bulan kan ya?  Persering dan perbanyak
makan/minum/istirahat bergizi dan berkualitas.  Apalagi Rhea tidak
merasa terganggu, so treatment seperti ini seharusnya tidak menjadi
kendala.  Makin kuat sistem imunnya, makin 'ogah' virusnya 'betah' :)

* Ortu Rhea bisa lebih jago untuk belajar lebih sabar nungguin
hilangnya 'kutil' ini :)  ... virus ini sangat menular dan gampang
'menyebar' bahkan dari hasil garukan. So, lebih cermat untuk mencegah
kebiasaan garuk/usap di area yang daya tularnya sedang 'on' seperti
ini.  Tanpa treatment, bisa hilang dalam mingguan, tapi bisa juga
bulanan nyaris 1 tahun, apalagi kalau kita kurang 'cermat' dengan
potensi daya tular yang cukup besar. Usahakan Rhea tetap fit supaya
segera hilang infeksi-nya
Asumsi saya, mungkin sudah 'dibekali' juga semacam salep untuk
mengurangi penyebaran 'kutil' nya. O ya, tetap cermat juga dengan imun
sendiri karena orang dewasa juga rentan dengan virus ini.

Karena sifat virus dan daya tularnya, mungkin kebiasaan cuci tangan
untuk Rhea dan orang dekatnya bisa jadi good habit untuk mengurangi
risiko ketularan :)  Selain itu cegah dulu 'sharing' handuk, pakaian,
dan material lain yang bersentuhan dengan kulit, dll.

Di beberapa links di atas, disebutkan untuk menutup 'kutil' dengan
semacam 'plester', tapi mungkin harus dikonsultasikan lagi dengan
dokter SpKK nya.  Alternatif lain menggunakan pengangkatan
kutil/laser/dll, tapi biasanya untuk pasien orang dewasa dan treatment
ini sangat tidak nyaman atau ada risiko meninggalkan scar/bekas luka.

So, tetap observasi and rajin perkuat daya tahan tubuh Rhea.
Titip cubit pipinya Rhea ya, pak :)

cheers,
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi