From: amyju...@yahoo.com
Date: Mon, 24 Sep 2012 10:39:04
To: <balita-anda@balita-anda.com>
Subject: Re: [balita-anda] Bagaimana cara melatih anak agar bs konsentrasi dan
teliti

Dear Mba Irma,

Kalau boleh sy sdikit sharing..kita lihat lagi faktor gaya belajarnya Mba,
apakah dia tipe visual/auditory/kinestetik. Untuk konsentrasi, usia 7 thn mmg
msh didominasi oleh kinestetik, jadi belajarnya diselingin praktek, dengan
melihat simulasi. Lalu juga berkaitan dng penyerapan stimulus/informasi, apakah
Ananda tipe global (grs besar saja) atau analytical (harus detail). Dan tuk
masalah ujian, dilihat lagi dari responsitivitas thd penyerapan pelajaran,
apakah dia tipe impulsive (respon thd informasi cepat/buru2) atau simultant
(respon mendalam). Jadi sebelum memutuskan bagaimana/cara apa yg tepat tuk
meningkatkan konsentrasi, ada baiknya kita 'determine' dulu hal-hal diatas. Dan
juga, latihan setiap hari dapat sangat membantu, namun tidak lebih dari
60menit,karena lebih dari waktu tsb, kurva konsentrasi menurun (Ebinghauss
curve) atau untuk anak dng tipe impulsif, bisa 30menit lalu diberikan jeda
(refreshment).

Mohon maaf jika belum banyak membantu :)

-Armi-

www.eyelevel.com

Powered by Telkomsel BlackBerry®