Moms/dads
Ini ada info, aku ketik dari koran tempo.

Imunisasi adalah upaya memberi kekebalan pada seseorang.sdangkan vaksinasi
adalah cara mendapatkan kekebalan dengan memberikan bibit penyakit yang
telah dilemahkan sehingga tubuh membentuk kekebalan sendiri. Imunisasi itu
keadaan setelah divaksin. Diluar imunisasi wajib ada pula imunisasi no PPI
yang sifatnya dianjurkan yaitu Hib(Haemophyllus influenzae tipe b), cacar
air (varicela), MMR (Measles, mumps, rubella/campak gondok) demam tifoid dan
hepatitis A. itu dianjurkan tapi tidak diwajibkan.

Imunisasi apa saja yang wajib dandianjurkan ???
Vaksin BCG
Penularan penyakit TBC dapat terjadi karena terhirupnya percikan udara yang
mengandung kuman TBC. Kuman ini dapat menyerang berbagai organ tubuh seperti
paru-paru, kelenjar getah bening, tulang, sendi, ginjal, hati atau selaput
otak. Pemberian imunisasi ini diberikan sebelum bayi berumur 2 bulan.
Imunisasi yang diberikan hanya 1 kali ini "berhasil" bila seteleh beberapa
minggu ditempat suntikan akan timbul benjolan kecil

Vaksin DPT (Difteria,Pertusis, Tetanus)
Kuman difteri sangat ganas. Gejanlanya adalah demam tinggi dan tampak adanya
selaput putih kotor pada tonsil (amandel) yang dengan cepat meluas dan
munutupi jalan napas.selain itu racun yang dihasilkan kuman difteri dapat
menyerang otot jantung, ginjal dan serabut saraf. Vaksih terhadap difteri,
pertusis dan tetanus dikenal terdiri dari 3 macam, yaitu kemasan tunggal
khusus untuk tetanus, bentuk kombinasi DT dan kombinasi DPT. Imunisasi dasar
DPT diberikan sebanyak 3 kali. Yaitu sejak bayi berumur 2 bulan dengan
selang waktu penyuntikan minimal  selama empat minggu

Vaksin Polio
Gejala yang umum terjadi akibat serangan virus polio adalah anak mendadak
lumpuh pada salah satu anggota geraknya seteleh demam selama 2-5 hari.

Vaksin Campak (morbili, measles)
Gejala khas penyakit yang sangat mudah menular ini adalah timbul bercak
merah dikulit setelah 3-5 hari anak menderita demam, batuk atau pilek,
mula-mula timbul di pipi menjalar kemuka tubuh dan anggota badan.. Bercak
ini hilang dalam waktu 7-10. pada stadium demam penyakit ini mudah
menular.imunisasi campak diberikan saat anak berusia 9 bulan karena bayi
barulahir telah mendapat kekebalan pasif dari ibunya ketika dalam kandungan
yang bertahan hingga usia bayi 6 bulan.

Vaksin hepatitiis b
Menular melalui mulut, transfusi darah dan jarum suntik. Tapi pada bayi
penyakit ini bisa didapat dari ibu melalui plasenta semasa bayi dalam
kandungan. Penyakit ini menyerang hati dan dapat menjadi kronis yang mungkin
berkembang menjadi pengerasan hati dan kanker dikemudian hari.

Vaksin MMR,
Penyakit gondongan sebenarnya tidak berbahaya tetapi bisa menyebabkan
komplikasi yang serius seperti radang otak, dan radang penis. Diberikan
setelah anak berumur 15 bulan (1 x)

Vaksin tifus / demam tifoid
Tidak diwajibkan karena penyakit tifus tidak berbahaya.

Vaksin radang selapput otak.
Penyakit ini berbaha dan paling seringmenyerang anak 6-12 bulan. Dan dapat
mengakibatkan cacat saraf atau kematian.

Vaksin hepatitis A
Gejalanya lebih nyata dan lebih berat dari hepatitis B tapi jarang
menyebabkan komplikasi atau kematian. Gejalanya berupa demam, mual, lesu,
mata dan kulit kekuningan diserta warna kencing seperti air the. Biasanya
akan sembuh dalam waktu 2-3 minggu. Imunisasi dasar dengan vaksin Havrix
diberikan 2 kali dengan selang waktu 2-4 minggu. Enam bulan seteleh suntikan
pertama diberikan dosis ketiga.

Vaksin cacar air
Penyakit ini cepat menular. Gejala awal berupa timbul bintik kemerahan yang
membesar  membentuk gelembung berisi air. Gejala ini mula2 muncul didaerah
perut, dada dan punggung, kemudian menyebar kemuka, kepala dan anggota
badan. Komplikasiyang timbul adalah radang kulit, radang otak. Imunisasi ini
diberikan diatas 12 tahun.

Wahhh...cape juga ngetiknya ;)