From: Ella [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Tuesday, February 03, 2004 4:11 PM
To: [EMAIL PROTECTED]; IA (E-mail)
Subject: Re: [balita-anda] Tanya : Mengenalkan Uang Saku pada Anak

Mba Femmy,
Dulu aku pernah ikut seminarnya Safir Senduk & Tika Bisono mengenai topik
diatas, yang aku ingat begini:

Sedini mungkin kita memang harus mengenal kan fungsi uang kepada anak.
Mungkin ketika
anak sudah bisa bicara 2 arah. Jadi si anak mengerti bahwa uang bisa ditukar
dengan mainan, buku, makanan atau bisa juga ditabung. Kan kita sering tuh
ajak anak kita ke Bank, mungkin bisa juga diterangkan salah satu fungsi bank
adalah tempat kita menabung, misalnya untuk membayar uang sekolah, membeli
baju dll.

Untuk tanya 1,
Biasa di beberapa TK ada buku tabungan yang gunanya nanti pada saat
perpisahan uang tersebut bisa digunakan untuk pergi jalan-jalan bersama.
Sebelumnya kita harus kenalkan dulu apa itu tabungan, apa gunanya menabung,
dan dimana bisa menabung. bisa dimulai dengan tempat tabungan yang lucu-lucu
gitu.

Untuk tanya 2,
Itu juga bagus untuk simulasi, tapi jangan dijadikan kebiasaan, reward bisa
berupa benda, uang, tapi bisa juga pelukan dan ciuman ato pujian yang tulus.

Ada saran yang saya rasa cukup bagus misalnya, mereka bilang untuk pemberian
uang saku (ini mungkin untuk anak yang sudah SD) sebaiknya sebulan /
seminggu / 2 minggu  sekali. Ini bagus buat mereka belajar untuk mengatur
sendiri keuangan mereka. Diharapkan mereka lebih menghargai uang dan belajar
mandiri  mengatur keuangan mereka.

Semoga membantu, mungkin ada sharing dari rekan yang lain.

Thank you and regards,
Ella

email address: [EMAIL PROTECTED]