mbak,

pertama2 berikan penjelasan dulu penting sikat gigi, kalau perlu ajak anak
ke dokter gigi, bila besok2 anak menolak menggosok gigi, ingatkan lagi
penjelasan dokter gigi tersebut.

coba juga waktu menggosok gigi, selain bareng dengan anak, lakukan di depan
cermin, jadi anak melihat dia sendiri menggosok gigi di depan cermin...

kalau bisa, usahakan sikat giginya yang lucu/menarik dan lebih dari satu,
jadi kalau hari ini sikat gigi panda besok yang kelinci, dll

kalau anaknya putri, dan punya boneka, boleh dibawa juga bonekanya untuk
ikutan disikat giginya, dan dilakukan oleh anak kita.

oh iya, bagusnya sih biarkan anak yang menggosok giginya sendiri, walaupun
menurut kita kurang bersih, biarkan aja, yang penting kita tumbuhkan dulu
rutinitas "menggosok gigi" tsb, atau kalau anak sudah agak besar, setelah
dia menggosok giginya sendiri, ajak anak bercermin untuk mengecek apakah
giginya sudah bersih atau belum.

menurut saya, Switzal aman kok untuk anak, anakku sampai sekarang pakai
switzal dan gak kenapa2...

salam,
femmy