Veyna

From: ririen wiguna
Dear mbak Veyna,
Takutnya itu darah karena BAB nya yang keras itu...ngegesek saluran pengeluarannya
jadi agak iritasi sehingga berdarah...
Coba kalo masih ASI, mamanya banyak makan pepaya
Atau kalo anaknya sudah makan buah, diberikan juice pepaya..biar enggak enek dicampur
sama jeruk.
Mudah mudahan BAB nya enggak susah dan keras lagi.

Regards,
Ririen

From: "YUNIZAR ANDREANA (ANDRE)" <[EMAIL PROTECTED]>
mbak, biasanya ini disebabkan kurang serat atau kurang minum air putih..coba
diperbanyak minum air putih.
untuk selingan bisa dibuatkan agar-agar atau nutrigel yang banyak mengandung serat.
setitik darah disebabkan
kerasnya BAB yang bisa melukai duburnya.

wass,
andre

From: "DPPK/CDPP" <[EMAIL PROTECTED]>
Mbak, kalau ada darah segar kalau tidak salah ada infeksi usus. Dan
kalau ada darah tapi kehitaman ada luka di anus. Kalo enggak
kebalikannya...maaf saya agak2 lupa. CMIIW

Mama Farah
Irma

From: "Elfiana Tuharea" <[EMAIL PROTECTED]>
Waktu andra usia 6 bln (sekarang 81/2 bln) pernah mengalami hal yang sama,
menurut dsanya jika BABnya tercampur dg darah berarti pencernaanya sedang
luka tapi jika BABnya terpisah dari darah berarti ada luka di duburnya
(maaf!). Solusinya susunya diganti dg law lactose, jika masih ASI berikan
sesering mungkin, hentikan pemberian buah dan biskuit bayi, berikan bubur
saring beras merah dan diberikan air tajin beras merah juga, disamping minum
obat LactoB (dicampur dg susu juga boleh) dan obat diare nifural (agak mahal
sih, murah sedikit copectat). Setelah 2-3hr BABnya akan normal kembali. Kata
dsanya andra terkena virus dari udara mungkin krn pas lebaran kita sowan
kerumah saudara. Biasakan selalu cuci tangan, kaki krn sikecil pasti suka
masuk jari tangan-kakinya kemulut.

Maaf jika kurang membantu
Mama Andra

From: "deevaa" <[EMAIL PROTECTED]>
baru beberapa hari ini diva BABnya jg keras..plus darah jg sedikit tp
terpisah...
skr sdh makan bubur biasa. saya pikir mungkin buburnya terlalu pekat. jadi
buburnya lebih dilunakkan/pd saat memasak ditambahkan airnya, trus dikasih
pepaya aja. Alhamdulillah, besoknya langsung agak lunak BABnya, beberapa
hari kmd udah kembali normal. jadi saya pikir pepaya jg bagus kalo anak kita
punya masalah yg sama. waktu saya bawa  ke dokter utk dilihat sekitar
anusnya sih tidak apa2.. menurut DSAnya cukup wajar kalo ada kalanya BAB
anak agak keras krn pencernaannya belum normal. jadi kitalah sbg orang tua
yg hrs lbh waspada thd makanan yg diberikan.
selain itu minum air putih banyak2 jg tidak apa2, selain membersihkan mulut
dari sisa2 susu, jg untuk membantu melancarkan pencernaan dan supaya anak
tidak cepet lemes...

salam
-bundanya diva-

Kirim email ke