Nggak juga tuh mbak, DSOG saya malah yang menyarankan untuk ber-KB dengan pil, disarankan dengan pil KB Exluton-28 karena utk ibu menyusui...dan malah dari pengalaman teman2 saya, bahkan mantan pembantu saya sendiri, justeru kalo kb dengan pil, kalo lupa sehari aja, bisa langsung hamil lagi......malah ada juga yang bilang kalo ber-kb dengan pil justeru bikin tambah subur....kalo yg terakhir ini saya kurang tahu pasti penjelasannya....

Tapi ya itu, mungkin reaksi di tiap orang bisa berbeda-beda ya.....cocok2an katanya......

-----Original Message-----
From: Finny Arifin [SMTP:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: Monday, March 08, 2004 6:29 PM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: [balita-anda] sharing: KB pasca melahirkan

Moms & Dads,
Kalo anaknya masih 1... moms & dads masih muda (atau bahkan udah
usia
rawan: 30+) saya yakin any Obgyn would just suggest moms utk "tidak
ber-kb
hormonal (pil, suntik, susuk)" karena ditakutkan nanti hormon nya
malah
tidak seimbang (berakibat sulit hamil kembali) meskipun beberapa
tahun
kemudian stop ber-kb hormonal.

Saya pernah ber-kb suntik beberapa saat setelah ada Ais di rumah
kami.
Pertimbangan saya & mantan pacar: "gak usah buru2 dikasih adek -
ribet ah
..ntar2 aja!" Saya suntik DEPO PROVERA yg tiap 3 bln. Saya suntik
hanya 3x
lalu stop karena pingin ngasih adek buat Ais. s/d saat ini, saya
sudah stop
suntik hampir 4 thn dan masih kesulitan hamil! Terakhir saya di USG,
Obgyn
saya bilang telur saya banyak tapi kecil2 (tidak matang) karena
hormon saya
masih imbalance dan saya jadi langganan minum
Profertil/Provula/sejenisnya
yg diminum hari ke-5 haid selama 4 hari utk me matang kan telur
(persiapan
utk berhubungan). Saya & mantan pacar juga udah coba berhubungan
dari yg as
often as we could s/d yg di jadwal oleh Obgyn berdasarkan
perhitungan masa
ovulasi saya...itu juga belum sukses.

Apa ada KB yg aman? I don't believe so. Setiap KB
(hormonan/non-hormonal)
pasti ada positif & negatif nya. But if I could turn back time, I
wouldn't
have used the birth control method. Manusia emang bisa berencana
(rencana
anak cuman 1 or 2/punya anak ke-2 atau ke-3 di jadwalin aja/etc,
etc..)
tapi Allah juga yg menentukan. Jadi... nggak usah Playing God kali
ya..
(cmiiw).

Mama nya Ais.

.