Kalau untuk obat flu bagi ibu  menyusui sebetulnya semua aman termasuk antibiotik
asalkan dosisnya sesuai dengan kondisi penderita. Tetapi
setiap obat yang masuk tidak tawar menawar semua tetap berpengaruh kepada 'rasa' dari
ASI tersebut dan biasanya kalau ibu yang sedang
menyusui kondisinya sedang sakit, otomatis langsung pengaruh kok ke ASI-nya, jadi no
big difference lah.

Selama menyusui saya terkena flu berat 3 kali. Yang pertama dikasih obat dengan dosis
ringan yang ada selama 3 minggu nggak sembuh-sembuh
dan malah kambuh tambah parah di minggu ke 3nya. Selama pengobatan dengan dosis rendah
tersebut ASI saya tetap terpengaruh rasanya, mungkin
jadi nggak enak karena selama sakit saya demam cukup tinggi dan itu terbukti karena
Ruth (yg waktu itu baru 2,5 bulan menolak ASI saya).
Yang ke-2 dateng ke dokter lagi, obatnya manjur banget tapi produksi ASInya turun
drastis, akhirnya stop minum obatnya aja karena nggak tega
sama anak! Yang ke-3 kambuh lagi tapi kali ini saya nggak ke dokter, saya memilih
kembali ke pengobatan alami seperti konsumsi sup panas
dengan banyak bawang putih (such clear chicken soup with veggies), minum vitamin C
dosis tinggi, banyakin makan sayur dan buah serta minum
air putih banyak dan usahakan tambah juga dengan minum juice jeruk, apel atau jambu.
Setelah kembali ke home treatment hasilnya justru flu
saya lebih cepat penyembuhannya (hanya 3 hari) dan selama melakukan home treatment ASI
tetap berproduksi dengan baik, rasa agak sedikit
berubah karena saya sempet demam juga tapi not as much as kalau konsumsi obat.

So setelah 3 hari mom's happy and the daughter's happy too "-)
Maaf ya kalau sharingnya kepanjangan......

Salam,
Dewi Joris (mamanya Ruth Jasmine - 4 month 3 week)