Sekedar nimbrung dengan topik aroma therapy & asma, saya (29 th) adalah
penderita asma sedari balita, begitu pula ibu saya. Saya belum pernah
mencoba aroma therapy untuk pengobatan asma, tetapi saya yakin pengobatan
ini memberikan paling tidak efek menenangkan yang sangat dibutuhkan
penderita asma, seperti halnya ruangan ber-AC. Bahwa pengobatan ini dapat
menimbulkan efek positif bagi penderita asma adalah hal yang menggembirakan
dan tentunya semoga pengobatan ini akan mengarahkan penderita untuk
medication / therapy-free di kemudian hari.

Saya mengalami serangan asma terlebih jika saya mendapat infeksi pada
saluran pernafasan, sehingga sangat penting bagi saya untuk memiliki
ketahanan tubuh yang lebih tinggi.
Mungkin, karena saya gemar berolahraga dari SD (lari, tenis, voli) saya
mengalami peningkatan ketahanan tubuh. Dulu buku pribadi saya penuh dengan
catatan sakit sehingga prestasi belajar saya turun drastis, tetapi setelah
SMP sangat jarang saya mendapat serangan asma sampai saat ini. Olahraga
mungkin membantu saya untuk melatih otot2 pernafasan dan memperbaiki
ketahanan tubuh saya terhadap infeksi saluran pernafasan.

Sebagai penderita asma, bukannya saya tidak menderita alergi. Alergi sedikit
banyak mempengaruhi timbulnya serangan asma pada diri saya, hanya saya biasa
sedia obat anti alergi dimana akan segera saya minum saat gejala awal alergi
yang membuat saya tiba-tiba berat untuk bernafas.
Saya setuju untuk memerangi serangan asma dengan cara yang non-medication,
mengingat betapa kerasnya obat-obat asma yang kerapkali dikonsumsi dalam
jangka waktu lama.

Terima kasih untuk informasinya dan semoga sukses dengan terapinya

Salam,
Vincentia