Cara saya hampir mirip dengan mbak Fara, kadang-kadang boleh dikata seperti orang
'gendeng' (='orgil'), deh .... Tapi kan gpp ... egp, la .... yang penting untuk
kepentingan baik anak-anak kita (yang penting kan ... kita tidak masih waras-waras
aja, he ..he.. he...). Bahkan sejak masih di dalam perut, saya suka mengajak dia
ngobrol.

Lebih bagus lagi, kalau sering dibacakan buku cerita. Kan ada, tuh Mbak buku cerita
untuk bayi, misalnya nontan, mio dll. Isinya tentang kejadian / kegiatan sehari-hari.
Nontan ~ ciluk ba : mengajak anak untuk bermain ciluk ba. Biasanya cuma terdiri dari 1
kalimat saja, sih. Tapi bisa kok kita tambah-tambahin dan dibacakan dengan ekspresi
yang kita mainkan, sehingga anak jadi tertarik.

Kadang-kadang juga saya ajak dia untuk bercermin, saya ajak dia bercerita, tersenyum
sambil melihat ekspresi muka di cermin. Kalau melihat sesuatu yang baru, saya ucapkan
berulang-ulang sambil menunjukkan cara bicaranya (saya ajak dia supaya memperhatikan
bibir saya saat mengucapkan benda tersebut).

Kalau berjalan-jalan selalu saya ajak bicara sambil dikenalkan dan dijelaskan hal-hal
yang baru. Kemudian setelah sampai rumah (biasanya menjelang waktu tidur), saya ajak
dia bercerita tentang perjalanan tadi.

Dan kalau dia minta sesuatu, saya selalu menanyakan apa maunya. Dan saya nggak pernah
menggunakan bahasa bayi, saya bicara sama seperti orang dewasa. Alhamdulillah,
anak-anak saya terkenal cerewetnya .....

Memang perlu sabar, Mbak & harus rutin .... Insya Allah, mbak pasti bisa. O, ya saya
kayaknya punya artikel tentang komunikasi untuk bayi (dari milis ini juga ...). Nanti
kalau ketemu, saya kirimkan deh ...

Ibunda Berryl, Dhillah & Rio