  From: Ella
  To: [EMAIL PROTECTED]
  Sent: Thursday, April 08, 2004 4:42 PM
  Subject: Re: [balita-anda] minta share polah anak di preschool/toddler

  Sekedar sharing informasi.
  Usia Neal adalah usia explore tentang diri sendiri, jadi dia akan banyak
  tidak perduli dengan teman sebayanya. Dia hanya bisa akrab dengan pengasuh,
  orang tuanya dan orang yang telah dikenal dengan akrab . Mereka memang harus
  dilatih untuk bersosialisasi tapi biasanya mereka lebih tertarik dengan
  kemampuan mereka sendiri. Dan rentang konsentrasi / perhatian mereka memang
  sedikit sekali, 3 sampai 5 menit mungkin. Karena mereka itu penyerap
  informasi itu secepat kilat untuk disimpan dan akan dikeluarkan jika
  kemampuan untuk itu telah berkembang.

  Kalo saya baca Neal, anaknya aktif, jadi dia tidak akan selalu explore
  mencari kesenangan baru atau  kegiatan yang memang blom pernah di temui .
  Dia akan terus mencari informasi-informasi baru untuk mengisi otaknya.
  Apalagi kegiatan di sekolah itu hampir semua sudah dia kuasai, maka dia
  pikir aku akan cara explorasi yang lebih asik. TAPI itu bukan berarti dia
  tidak mendengar ato memperhatikan tingkah guru ato teman-temannya. Coba ajak
  bicara pasti dia tau siguru sedang apa dan temannya sedang apa. Itulah
  uniknya otak seorang anak.

  Teruskan saja, toh tujuannya disekolahkan adalah belajar bersosialisasi,
  jadi Neal tahu ternyata ada loh anak yang seperti aku. Lama-kelamaan mereka
  akan belajar sendiri sesuai tahapan umur. Nantinya malah kalau sudah bisa
  berteman mereka malah akan bertengkar memperebutkan sesuatu yang mereka
  anggap milik mereka. INI wajar karena sifat ego pada usia segini memang
  begitu.

  Nah tahap sosialisasi mereka adalah menjelang umur 3 thn, ini mereka sudah
  tau asiknya punya teman. Main tembak-tembakan ramai-ramai ,main sepeda
  sama-sama , dan maen boneka jadi lebih asik kalo berdua ato bertiga. Malah
  nantinya mereka punya teman favorit selain ada juga yang punya teman
  imajiner. Mereka nantinya akan asik bercerita sama kita teman favoritnya ini
  yang malah nanti bikin kita iri karena kadang dia maunya maen sama mereka
  terus.

  Kalo udah umur 4 -5 thn, sudah susah kita peluk. Sebentar hilang mo main ke
  rumah temannya. atau sedang asik maen dengan temannya.

  Nah umur-umur segini 1-3 mereka masih "milik" kita, kita bisa cium sepuasnya
  , kita peluk sepuasnya . Karena MEMANG KITA yang mereka butuhkan pada
  tahapan ini.

  he..he..he..jadi kepanjangan mohon maaf kalo tidak berkenan dan tidak
  membantu ya mba.

  Salam sayang buat Neal yang aktif.

  Thank you and regards,
  Ella