From: shofie utami [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Monday, April 12, 2004 6:19 PM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: [balita-anda] Banyaknya nasi yg hrs dimakan anak 16 bulan

Ibu Mulyani,

takaran makan untuk baby sepertinya naik sedikit2 seiring dengan
meningkatnya aktivitas anak-yang jelas memerlukan kalori lebih banyak.
soal si baby udah kenyang ato belum, saya melihatnya dari tingkat
kelahapannya. kalo sampe suapan terakhir kok masih lahap dan udah
berlangsung berhari2, ya saya tambahi sedikit2 takarannya. untuk takaran
minum juga begitu.

Baby saya sekarang umur 10 bulan dan saya beri nasi tim saring dengan
takaran beras  3 sendok makan untuk dua kali makan. waktu umur 7 bulan 2
sendok, 8-9 bulan 2,5 sendok beras. sedangkan bahan lainnya bervariasi
dengan 4-7 macam varian (sayur warna hijau, sayur warna kuning,
biji-bijian, sumber protein, zat besi) sehingga hasil akhirnya jadi
sekitar 2/3 mangkok makan balita.

jadi kalo si kecil udah 16 bulan mungkin sudah saatnya ditingkatkan lagi
takaran makannya, sedikit demi sedikit.

semoga membantu,
Shofie

Mulyani <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
Dear Mom's & Dad's,

Saya agak bingung dengan jumlah nasi atau nasi tim yang harus dimakan
oleh anak saya (16 bulan). Selama ini sich kalau masak dari beras saya
kasih 3 sendok makan untuk 2x makan (siang dan malam) sedangkan kalau
ditim lagi dari nasi yang sudah masak juga kira-kira seperti itu. Hasil
akhirnya sich nasi tim yang dimakan bisa setengah dari mangkok makan
balita. Nah pertanyaan saya apakah nasi sebanyak itu sudah cukup ?? apa
masih kurang ?? sebenarnya berapa sich takaran nasi yang harus dimakan
oleh anak umur segitu ?? Sebagai informasi tambahan, selain makanan
pokok, anak saya juga saya kasih buah, puding, susu di sela-sela jam
makan pokoknya. Yang saya bingung, gimana kita bisa tahu anak kita sudah
kenyang atau belum ?? karena sepertinya semua makanan dilahap terus.
Maklum nich berhubung nggak ada pengalaman jadi pertanyaannya mendasar
banget, anak pertama sich.

Mohon sharingnya...
Rgds,
Mulyani