Mbak, saya setuju dengan moms yang lain bahwa bayi mulai diberi makanan tambahan
(diluar ASI dan susu formula) baiknya mulai umur 4 bulan. Dulu ada
teori yang mengatakan umur 3 bulan sudha bisa, tapi ilmu kedokteran anak yang sekarang
banyak yang menyatakan bahwa umur 4 bulan lebih baik karena
kondisi usus dan lambung anak lebih kuat.

Paling ideal memang 6 bulan, itu teori terbaru yang menurut para dokter sudah
dibuktikan bahwa pemberian hanya ASI (ASI eksklusif) sampai dengan 6
bulan baru kemudian pemberian makanan tambahan tetap yang paling ideal dan terbaik
untuk pertumbuhan anak. Tapi kalau tidak bisa pemberian ASI
eksklusif selama 6 bulan, mulai 4 bulan adalah umur yang baik untuk mulai diberi solid
food. Karena sebetulnya juga sampai dengan 6 bulan pertama
kehidupan anak, dia hanya diberi ASI/susu formula saja nutrisi yang didapat sudah
cukup (cmiiw).

Mengenai jenis makanan apa saja yang bisa mulai diberikan, mbak bisa refer dari e-mail
moms yang lain, yang disampaikan itu sudah benar dan baik
untuk bayi umur 4 bulan keatas.

Semoga membantu,
Dewi