Mau yang instant apa yang sehat?

Saya pasti menyarankan yang sehat. Sebelumnya boleh tau gak, 60 cc itu
berapa kali perah? Terus sehari Mama Chacha memerah berapa kali?
1. Kalo memerah Cuma 1 kali, kurang. Usahakan memerah 2-3 kali dikantor,
belum ditambah memerah di rumah, pulang kerja atau pagi hari, terutama
pada jam-jam Chacha menyusu
2. Makan makanan sehat secara teratur (baca 3 kali sehari) + susu.
3. Minum Air putih minimal 10 gelas sehari
4. Massage payudara 2 kali sehari (pas mandi) sambil dikompres panas
dingin secara bergantian.
5. Breastfeed sesering mungkin (terutama saat dirumah, kalo misfeed
harus dipompa sebagai gantinya)
6. Positif thinking (selalu berpikir kalo ASI saya masih banyak dan
masih cukup untuk Chacha sampai besok pagi dst..dst.. misallll)
7. Hindari stress
8. Bawa foto Chacha saat memerah di kantor (ini membantu saya banget
lhooo :))
9. Jangan lupa kalo memerah harus sampai payudara benar2 habis/ berasa
kosong yah.

Kalo yang tidak (kurang) sehat:
1. Minum Motilium / Tilidon (contain domperidone 10 mg). Dosis 3 kali
sehari, 3 Tablet sekali minum. Atau 4 kali sehari, 2 tablet sekali
minum. Sebenernya domperidone itu adalah obat mual yang punya efek
samping untuk pemakaian berlebihan. Efek sampingnya itu justru benefited
buat ibu2 menyusui karena merangsang pengeluaran hormone prolaktin (yang
mengatur keluarnya ASI). Ini diresepin juga kok di Sentra Laktasi
Carolus.
2. Kalau sempat ke sentra Laktasi RS Carolus minta suntik untuk
memperbanyak ASI.

Mama chacha, saya udah melakukan semua itu dan alhamdulillah berhasil
(termasuk yang motilium hehehe) buat Aimee (10 bulan). Silahkan dicoba,
mudah-mudahan berhasil.

Saya ada artikel tentang domperidone, kalao mau pls japri aja yah.

Cheers,
Arie