Dear moms,
Trims ya atas masukannya. Aku jadi PD lagi nih untuk
kasih Gandhi ASI sampai setidaknya 2 tahun. Tadinya
sempet ngeper juga kayak kakaknya Shally’s Mom. Baru
tumbuh 3 gigi aja udah sakit, gmn kalau giginya makin
banyak???? Wuihh ngeri! Sekarang udah tenang berkat
tips dr moms.

Mbak Pipiet, trims ya aku jadi lebih siap menghadapi
gigitan Gandhi berikutnya nih. Apalagi kalau sampai
lecet sudah tau obatnya. Iya nih Mbak Betsy, aku udah
nahan gak teriak tapi seringnya Gandhi tiba-tiba
gigit, jadi aku reflek teriak. Mbak Diana, Aqil kok
cepet sekali tumbuh giginya ya? Hebat deh yang sudah
biasa digigit bayi sampai immun kali ya. Ternyata,
gigitan bayi banyak artinya toh. Jangan-jangan ini
juga salah satu alat komunikasi mereka di samping
menangis?. Bener juga Mbak Yana, aku juga pernah
kepikiran gitu, jgn2 Gandhi gigit puting karena lagi
emoh ditetein. Tips pencet idung pernah aku denger dr
kakak tapi gak tega eui, takut dianya tatit, abis
idungnya mungil. Mbak Efi, trims buat tips ngurangi
gatal gusinya Gandhi. Gandhi juga udah dikasih mainan
gigitan tapi kayaknya udah bosen nih mamanya Angel.
Dia malah lagi seneeeeeeeeeeeeeeeeeng banget sama
kabel telpon (yang melingkar-lingkar di bawah
gagangnya). Gak boleh liat dikit, pasti pingin nyamber
dan mainin (gigitin kalau kita lengah). Kalau mainan
gampang bersihinnya, kalau kabel telpon gimana
sterilinnya ya? (pusing, pusing deh!). Mbak Lanny,
kalau jari telunjuk kita dimasukkan ke tengah-tengah
mulutnya apa gak sekalian dia gigit? Asyik juga nih
mau aku coba nanti. Waduh Mbak Windy, sampai
berdarah-darah gitu kasih ASInya? Salut, ternyata
belum seberapa toh pengorbananku…

Ok deh, sekali lagi terimakasih buat semua yang udah
kasih saran, tips dan berbagi pengalamannya. Maaf jika
ada yang belum kesebut. Yang jelas aku jadi siap
tempur menghadapi gigitan Gandhi. Kasian deh Gandhi
gak bisa sharing sama temen-temennya! Hehe…

Cheers
Ibunya Gandhi

Saya jadi PD kembali untuk kasih Gandhi ASI sampai
setidaknya 2 tahun. Tadinya sempet ngeper juga. Baru
tumbuh 3 gigi aja udah sakit, gmn kalau giginya makin
banyak? Wuihh ngeri! Sekarang udah tenang. Kalau
Gandhi gigit2 lagi, saya akan tekan bibir bawahnya,
lalu mengalihkan perhatiannya ke hal2 lain. Kalau
sampai puting luka, saya mesti gunakan

Pipiet
Ikutan sharing pengalaman nih ...
Audi anak saya yang sulung dulu juga suka gigit saat
menyusu.  Saya
punya
tips untuk menghentikannya, tekan bibir bawahnya,
otomatis mulutnya
akan
terbuka. Setelah itu alihkan perhatiannya ke hal-hal
lain (diajak main,
atau ngobrol, mainan gigit-gigitan paling efektif
mengalihkan
perhatiannya,
tapi harus dijaga kebersihannya). Untuk puting yang
terluka, ada obat,
merknya (bukan promosi lho ...) Kamilosan, berupa
salep, yang aman bila
tertelan oleh bayi (tapi puting tetap harus
dibersihkan dulu sebelum
menyusui ya ..). Sebenernya ada obat lain yang lebih
manjur, yaitu
salep
mata (yang biasa dipake untuk sakit mata), tapi salep
ini tidak boleh
tertelan bayi.  Temen saya juga ngasih tips tambahan,
payudara
dikompress
pake daun sirih. Daun sirihnya dipanaskan (bisa dengan
disetrika aja),
setelah itu dikompresskan, Insya Allah efek antiseptik
yang ada di daun
sirih tsb akan membantu penyembuhannya. O ya kalo
lecetnya udah nggak
ketahan, sementara pake dulu selubung nipple (aduh
..saya lupa namanya,
udah lama nggak menyusui euy ..), banyak dijual di
toko keperluan bayi.
Kalau sudah infeksi, stop menyusui langsung, ASInya
diperas aja,
berikan
pada bayi pake botol.
Segitu dulu, mudah-mudahan  cukup membantu