lila tanya :
  Dear Parent's,

  Semalam aku menggantikan celana Rama ( 9 bulan ) karena pipis, aku ambil
celana gantinya, dari kamar aku kok denger dia ketawa2 kegirangan gitu,pas
aku samperin ternyata dia lagi pegang2 ( b*****g )nya sendiri, saya coba
tarik tangannya supaya gak pegang2 lagi, tadi pagi pas dimandiin di bak juga
gitu ( tangannya pegang2 "B" nya sambil tertawa2 kegirangan ).
  Adakah diantara parent's sekalian ada yg punya pengalaman ? apakah ini
normal / tidak ?
  Saat ini saya dikantor bingung mikirin hal itu takut2 ada sesuatu yg
terjadi dg anak saya.
  mohon sharingnya donk.............

  lila
  yanglagibingungkarenaanknyasukapegang2"b"nyasendiri.

  Jawaban dari :
  - Ibu Nyoman Rahayu :
  "Anak saya juga, tapi saya tetap ingatkan jangan pegang, selain takut
  infeksi/luka/kena kuku/kotor, juga untuk psikologisnya. Yang saya tau,
anak
  suka megang "itunya" krn memang ada sensasi / kenikmatan tersendiri, shg
  dia asyik megang2, diingatkan & komunikasikan saja dgn baik, spy tidak
  keterusan."

  - Ayahnya Irfan
  "Biasa itu bu. Mungkin krn  baru nemuin sesuatu yg 'baru'. Tapi jangan
sampai
  keterusan :) dan jgn bosan2 untuk segera ngalihin ke kegiatan yg lain tiap
  kali dia mau pegang2 lagi."

  - Bapak I Made Suma
  "Wah saya juga punya pengalaman yang sama dengan Ibu Lila, anak saya juga
  suka pegang bahkan seringkali meremas "itunya" kalo celananya dibuka...
tapi
  ya segera aja alihkan perhatiannya, mis. sewaktu celananya akan diganti
  berikan dulu mainan untuk dipegangnya."

  - Mbak Felicia
  " Menurut informasi dari dsa anakku, hal itu biasa. Anakku sendiri juga
  pernah melewati masa itu.
  Katanya sih itu bagian dari eksplorasi dirinya. Maklum anak khan juga
  baru belajar bagian-bagian tubuhnya..o yang ini namanya mata..ini
  hidung...kurang lebihnya ya seperti itu. Nggak usah khawatir
  ya...anak-anak tidak punya konotasi negatif kok dengan sering
  pegang-pegang itu."

  - Mbak Ayu Samantha
  "Tapi tetep jangan dibiarin, Mbak. Kalo lagi gitu, jangan juga dimarahin
  atau heboh, alihin pelan2, kasih kesibukan, takutnya kalo keterusan (dia
  merasa enak, trus diterusin..), dia gitu di depan orang lain, kan malu.
  Atau, tangan atau kukunya pas kotor..., anak ku dulu gitu, sambil mimi
  susu, tangan kanan pegang botol, tangan kiri pegang2 itunya, kayanya
  asyik banget..,diajak ngobrol aja dgn pelan2 singkirin tangannya...,
  ilang tuh."

  Thank's untuk semuanya, saya akan coba praktekkin ke Rama saran dari
Bapak - Ibu sekalian,
  semoga hal itu tidak menjadi kebiasaan.
  Saya jadi tenang lagi nih di kantor, dari pagi saya juga tanya2 sama
temen2 yg punya anak laki2, dan jawabannya rata2 hampir sama.

  lila