Wah ditantangin nih sama Dewi, hehehe....

Kalau buat aku sih FedEx is the best, soalnya FedEx yang bantuin aku beli
susu Raysha, hehehehe.... Btw, FedEx sekarang juga oke punya buat kirim ke
Asia lho :) Tentu selain ke US dan Canada juga.
AKu mau kasih bbrp tips aja buat Mbak Agnes:

1. kalau harga menjadi salah satu concern, cari tahu harga yang paling
kompetitif di antara bbrp perusahaan. Biasanya kalau lebih cepat sampai,
biayanya lebih besar. (Bener ya Wi, ada harga ada service :)

2. contact customer servicenya, untuk tahu apakah barang kiriman merupakan
prohibited item/tidak, dan apakah harus ada ijin tertentu utk mengirimkan
paket tsb.

3. jelaskan pada cs ybs ttg detail paket(jenis barang, berat) dan harganya.
Tanyakan apakah ada kemungkinan penerima harus membayar duty/tax di negara
tujuan?

4. tanyakan juga mekanisme claim apabila terjadi kehilangan / kerusakan
paket

5. walaupun lebih mahal, umumnya courier service besar menyediakan fasilitas
tracking untuk mengetahui status kiriman. Bisa dg cara telpon ke cs atau
lewat internet.

6. sediakan alamat penerima  sejelas mungkin dan cantumkan nomer telponnya
di air waybill.

sorry kalau kepanjangan ya tipsnya :))