mbak ini saya kirimkan artikel yang dulu pernah dikirimin sama Mbak Ade
sama mbak, kalo anak kita terserang radang tenggorokan kitanya sedih banget
dan kita semua ngalamin gitu kok.
beruntunglah Zahra masih mau minum banyak, karena penyakita radang
tenggorkan itu harus minum   dan istirahat yang banyak, untuk mencret-nya
DSA dulu saya bilang itu karena saking panasnya maka ada reaksi mencret
gitu.

semoga bermanfaat & Zahranya lekas sembuh ya

thanks
Ibunya Maritza

Rangkuman Ceramah
COMMON PROBLEMS IN PEDIATRICS
Purnamawati S Pujiarto, Dr SpAK, MMPed

bagian I

BERBAGAI MASALAH KESEHATAN YANG UMUM TERJADI PADA BAYI DAN ANAK.

Selain demam, alasan terbanyak anak dibawa ke dokter adalah batuk pilek,
radang tenggorokan, dan diare. Orang tua panik, anak memperoleh berbagai
macam obat yang belum tentu diperlukan, yang belum tentu tanpa efek samping.
Sedihnya lagi, kondisi tersebut juga paling potensial untuk diterapi dengan
antibiotik, padahal sebagian besar penyebabnya adalah virus, yang tidak bisa
"dilawan" oleh antibiotik.

RADANG/INFLAMMATION - ITIS
Radang atau inflamasi artinya merah, bengkak, dan sakit. Radang tenggorokan,
artinya tenggorokannya merah, sakit, dan mungkin agak membengkak
(amandelnya).

-          Radang bisa karena infeksi tetapi bisa juga bukan infeksi.
Radang akibat infeksi dapat dibagi dua radang karena kuman atau radang
karena virus.

-          85% radang tenggorokan pada bayi/anak disebabkan oleh infeksi
virus  - tidak perlu antibiotik.

-          Radang bukan infeksi misalnya alergi, Trauma, Autoimmun,
Teething, dll. Kesemua nya, tidak dapat diobati dengan antibiotik. Upaya
terbaik mengatasi alergi adalah avoidance - mengurangi kemungkinan exposure
hal2 yang bisa menimbulkan alergi (debu, karpet, binatang berbulu, mainan
berbulu, AC, makanan tertentu dengan pewarna, pengawet, perasa sintetik,
permen, , sea food).

FEVER (lihat juga summary demam seminar paket 1 pada milis sehat tanggal 28
januari 2004 oleh bpk gendi)
1.        Cari penyebab timbulnya demam; pada anak penyebab utamanya adalah
infeksi virus.

2.        waspadai kemungkinan terjadinya komplikasi dehidrasi.

3.        Selama infeksi masih berlangsung, memang harus ada demam. Beri
minum lebih banyak dari biasanya.

Kapan  orang tua harus menghubungi dokter?

.  Bila bayi berusia < 3 bulan dengan suhu tubuh ³ 38C

.  Bila bayi berusia 3 - 6 bulan dengan suhu tubuh ³ 38.3C

.  Bayi dan anak berusia > 6 bullan, dengan suhu tubuh ³ 40C

·          Sama sekali tidak mau minum atau sudah dehidrasi; Gelisah,
muntah, diare

·          Iritabel atau menangis terus menerus, tidak dapat ditenangkan

·          Tidur terus menerus, lemas dan sulit dibangunkan (lethargic)

·          Kejang; Kaku kuduk leher; Sakit kepala hebat

·          Sesak napas

Ingat: DO NOT TREAT LOW GRADE FEVER (< 38.3C)

COLDS AND FLU

Penyebabnya infeksi virus. Umumnya berlangsung selama 5 hari (3 - 14 hari
rentangnya) tergantung daya tahan tubuh dan tergantung ada tidaknya
penderita flu di rumah atau di sekolah. Tidak ada obat untuk meningkatkan
daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh anak terhadap infeksi virus flu akan
meningkat sejalan dengan waktu

Tatalaksana:

F       Yang paling dibutuhkan adalah cairan, sering minum meski sedikit2.

F       Supaya "ingus" tidak kental dan menyumbat jalan nafas, berikan air
garam steril sebagai tetes hidung. Menghirup uap air panas juga banyak
membantu.

F       Humid environment, jangan kering seperti dalam ruangan berAC. Kalau
perlu, taruh satu ember berisi air mendidih setelah anat tidur.

F       Paracetamol - bila bayi/anak uncomfortable atau high fever (>38.5)

F       Di lain pihak, kita sering mengacaukan alergi dengan flu. Pada
alergi yg mengenai hidung, anak juga akan "meler" tetapi anak tidak demam,
tetap aktif bermain.

Pencegahan: Sering cuci tangan, hindari kontak erat dengan penderita flu,
jaga kebersihan rumah terutama sehabis penderita flu atau bersin dan batuk,
haru di lap bagian permukaan peralatan rumah tangga atau lantai kamar
mandinya.

Kapan menghubungi dokter?

.   Bila mengalami demam > 72 jam atau bila batuk terus menerus

.   Sesak nafas, kuku dan bibir tampak biru

.   Luar biasa rewel, atau luar biasa mengantuk (sangat sulit dibangunkan)

Ingat: Tidak ada obat pilek yang efektif untuk bayi dan anak.

SORE THROAT/PHARYNGITIS (Radang tenggorokan dan infeksi amandel)

Penyebabnya umumnya infeksi virus. ARTINYA: akan sembuh sendiri - self
limiting; dan samasekali tidak memerlukan antibiotik

Hanya sekitar 15% saja yg infeksinya disebabkan oleh kuman Streptococcus dan
umumnya menyerang anak usia 4 - 7 tahun. Dengan catatan, diagnosisnya harus
berdasarkan biakan usap tenggorok

Tatalaksana

a)          Banyak minum; minuman yg hangat akan memberikan rasa nyaman di
tenggorokan. Kalau anak sudah besar, bisa diajarkan untuk kumur2 atau
mengisap lozenges. Kalau panas atau kesakitan, berikan paracetamol

b)          Kalau hidung tersumbat, dapat diberikan tetes hidung NaCl dan
menghirup uap panas.

COUGHS
Batuk adalah mekanisme tubuh yang membantu kita mengeluarkan segala sesuatu
yg mengganggu saluran napas kita, misalnya, lendir/ "slym,m" benda asing
yang tersedak (susu, kacang, air dll).  Yang terpenting, mencari tahu apa
pencetus batuk.  Infeksi kah atau bukan infeksi. Pada anak, batuk umumnya
disebabkan oleh infeksi virus atau oleh alergi.

Batuk akibat infeksi virus flu misalnya bisa berlangsung sd 2 minggu bahkan
lebih lama lagi bila anak kita sensitif atau alergi, atau bila di rumah ada
anak lain yang lebih besar atau yang juga sedang sakit. Batuk karena alergi
juga bisa berlangsung lama atau hilang timbul selama pencetus alerginya
tidak diatasi.

Tatalaksana  - Upayakan untuk mengurangi produksi lendir:

.        Minum banyak yang hangat misalnya lemon

.        Jangan ada asap rokok

.        Ruangan jangan kering (Moist air - kamar mandi - buka keran air
panas biarkan beberapa lama sehingga ruangan, atau taruh satu ember air
panas mendidih, atau pasang humidifier)

Agar anak lebih nyaman, tidurkan dengan bantal agak tinggi

Ingat:    .     kebanyakan batuk tidak memerlukan antibiotik

.     Jangan beri obat untuk menekan refleks batuk (Codein),

Pada dasarnya, tidak ada yang namanya obat batuk itu. Juga tidak ada obat
pencair dahak. Cari pencetusnya

BRONCHITIS ("INFEKSI" SAL NAPAS)

Penyebab tersering adalah alergi (Allergic rhinitis, asthma, environmental
exposures). Bisa juga karena sinusitis, refluks, reaksi obat, kelainan
bawaan saluran napas, tersedak "benda asing", pneumonia (virus, jamur).
Mohon diingat - pneumonia belum tentu karena infeksi bakteria. Jadi  - belum
tentu perlu antibiotik. Gejala yang tersering adalah batuk lama

Tatalaksana

-       Mencari penyebab. Bila karena alergi - modifikasi lingkungan sekitar
untuk mengurangi eksposur pada anak

-       Humidifikasi

-       Ekstra cairan, dll

Dengan demikian, kalau anak kita dinyatakan menderita bronkitis, kita harus
segera berpikir bahwa itis di sini artinya radang - inflamasi. Penyebabnya
belum tentu infeksi bakteri - mayoritas bronkitis pada anak tidak perlu
antibiotik.

EAR INFECTION
Penyebabnya  umumnya adalah infeksi virus, dan u mumnya terjadi s etelah
anak mengalami flu. Kadang-kadang juga ada kaitannya dengan masalah gigi.

Gejala:

.     Sakit telinga (biasanya 1 sisi), demam, pilek dengan hidung buntu,
rewel, telinga di-tarik2, nafsu makan menurun

.            Kadang2 tampak cairan kuning keluar dari telinga, kadang2 juga
anak mengalami sedikit gangguan pendengaran

Tatalaksana
-          Penghilang rasa sakit

-          Posisi tegak/upright position,

-          Jangan ada yang merokok

-          Jangan mimum susu dari dot-botol sambil tiduran

-          Air hangat di botol, bungkus kain perca, taruh di atas telinga

-          Kalau perlu minum obat decongestant (mnengurangi hidung buntu)

Pencegahan: berikan ASI selama mungkin

ANTIBIOTIK atau KONTAK DOKTER
- Bila berkepanjangan, lebih dari 2 minggu atau

- Bila infeksi berat dan anak kesakitan hebat

Sulis
Sekr. RM JATIM BANUS
PT. BENTOEL PRIMA
Jl. Susanto 2 A Malang
TELP. 0341-359621
FAX. 0341-359621
EMAIL :[EMAIL PROTECTED]
             [EMAIL PROTECTED] <mailto:[EMAIL PROTECTED]>