Mengenai Bank Plasenta, bulan lalu kalo ga salah, pernah dibahas di Acara
1001 Keajaiban Ibu di SCTV, yang bintang tamunya Gunawan dan Lala yang
melahirkan di Singapore. Nah karena di Singapore itu maka dibahas bank
plasenta itu, yang katanya sudah ada di Singapore, di Indonesia ada juga
cabangnya, cuman lupa alamatnya.

Kalo ga salah, bukannya member milist ini ada dari PHnya pembuat Acara 1001
Keajaiban Ibu ?! Mungkin bisa memberikan infonya kepada kita semua.

Waktu itu selintas Saya ingat pembukaannya begini, "kalo kita masih suka
mengubur plasenta bayi yang baru lahir mungkin kedepannya tidak perlu lagi
dikubur tapi justru bisa disimpan di Bank plasenta karena plasenta bayi
suatu waktu bisa menolong si bayi itu sendiri jika terjadi/terkena penyakit
seperti kanker, anemia, dsb. Trus kalo ga salah ada juga contoh kasusnya
seorang ibu (orang Indonesia juga koq) yang anaknya (masih kecil) sakit dan
diselamatkan oleh plasentanya tsb.

Cuma waktu itu yang terlintas dalam benak Saya adalah berapa biaya yang
harus dikeluarkan untuk "nitip" plasenta tsb, karena pasti ada annual
feenya, atau maintenance fee (hehehe), ya mungkin kayak safetybox di bank
juga kan ada feenya.  Trus seberapa efektif ya dalam hal "menolong" anak
kita jika terjadi sesuatu.

Salam,
Mama Raihan dan Faisal