Dear all,

saya mau sekedar sharing saja, saya tahu bahwa pemakaian antibiotik adalah sangat
tidak baik untuk anak-anak bahkan kita orang dewasa. Tetapi, melihat dari kenyataannya
bahwa kita tidak bisa terlepas dari antibiotik. Banyak sekali penyakit yang baru
tuntas apabila sudah diberikan antibiotik. Bahkan setelah 2 kali antibiotik baru
tuntas.

Kejadian 1 :
Anak saya, 3,5 th  2 bulan lalu terkena batuk & pilek. Karena tidak panas dia tidak
diberikan antibiotik oleh dokternya. Tetapi setelah 2 minggu tidak sembuh2, akhirnya
diberikan antibiotik oleh dokternya dg asumsi krn sudah lama pasti sudah ada luka,
tetapi tetap saja belum sembuh. Nah, setelah totalnya 1,5 bulan tidak sembuh2 juga,
saya pindah dokter dan asumsi dokternya bahwa dia alergi dan diberikan obat alergi.
Tapi 1 minggu kemudian batuknya belum tuntas juga, akhirnya dokternya memberikan
antibiotik yang kedua serta obat alergi dan AKHIRNYA.....total 2 bulan, dia
benar-benar sembuh.....

Kejadian 2 :
Kembali anak saya, 3.5 th panas, muntah dan perutnya sakit. Pertama diberikan oleh
dokter obat mual dan diare. Pada hari ketiga, panasnya sudah turun tetapi mulai hari
ke-2 malam dia pup 8 kali dan tidak bisa tidur serta hari ketiga seharian dia sudah
pup 8 kali juga dan perut sakit, kembung dan keras serta minum & makan susah. Nah,
setelah diobservasi oleh dokter, bahwa ini kemungkinan bukan virus lagi tapi bakteri
nah setelah itu pada hari ketiga malam baru diberikan antibiotik. Nah, sepanjang malam
dia tidak mengeluh sakit perut dan tidak pup serta tidurnya sangat pulas, dan pagi ini
dia sudah mau makan dan minum.

Nah, itulah yang membuat saya mempunyai asumsi seperti diawal tadi. Yah....sudah
berusaha untuk menhindari anak untuk tidak mengasumsi antibiotik, tapi kondisi mau
enggak mau mengharuskan begitu.
Wah....sory, ya sharenya kebanyakan. Soalnya ini adalah hal yang sangat dilema bagi
saya keluarga.

Salam,
Mamanya Arya & Nike.