hi mbak Wiwi,
sorry, saya nggak bisa share karena dulu juga di'jadwal' untuk induksi (karena lewat
dari due date) dan melahirkan normal, jadi waktu pergi ke rumah sakit belum terasa
apa-apa.
Saya kutip info tentang awal persalinan aja ya untuk temannya, at least buat tambahan
info walau mungkin istrinya 'akan' punya pengalaman beda dari artikel tsb.

Please note, mungkin juga rasa sakit di perut itu karena kontraksi palsu (braxton
hicks), kalau intensitasnya nggak semakin kuat dan bahkan menghilang karena si calon
ibu berjalan, mandi air hangat atau dipijit lembut, berarti bukan saatnya bersalin.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
sumber: www.babycentre.com (terjemahan bebas):

KAPAN PERSALINAN TERJADI?

BAGAIMANA SAYA TAHU BAHWA SAYA SEDANG MENUJU KE TAHAP PERSALINAN?

Persalinan berbeda untuk setiap wanita, dan agak mustahil untuk menandai dengan pasti
kapan persalinan dimulai.  Persalinan lebih ke sebuah proses dibandingkan sebagai satu
peristiwa, saat sejumlah perubahan fisiologis dalam tubuh Anda bekerja bersama untuk
membantu kelahiran bayi.  Jika Anda berada dalam situasi persalinan, pastikan bahwa
satu atau lebih dari kelima hal ini akan dialami:

·          Mulut rahim Anda akan menjadi lebih tipis dan lebih lunak secara progresif
dan membuka hingga ukuran 10 sentimeter.

·        Kontraksi terjadi secara teratur dan meningkat dengan interval yang lebih
pendek dan menjadi lebih panjang dan lebih kuat dalam intensitas.

·          Anda mungkin mengalami sakit di bagian bawah punggung, kadangkala disertai
rasa sakit seperti haid yang hebat.

·          Anda mungkin mendapati adanya flek darah (warna coklat atau cairan yang
mengandung darah).  Jika Anda telah mengeluarkan flek lendir yang menutupi leher rahim
Anda, persalinan dapat berlangsung segera – atau mungkin juga beberapa hari lagi.
Walaupun demikian, itu adalah tanda persalinan sedang mulai berlangsung.

·          Cairan ketuban pecah, tetapi hanya jika disertai dengan kontraksi.

KAPAN SAYA SEHARUSNYA MENGONTAK DOKTER ATAU BIDAN?

Anda, dokter Anda dan bidan mungkin telah sejak jauh hari mendiskusikan apa saja yang
harus Anda lakukan saat Anda dalam masa persalinan.  Tetapi jika Anda mengira bahwa
persalinan telah dimulai, jangan malu untuk mengontak mereka.  Dokter dan bidan
terbiasa untuk dikontak para wanita hamil yang tidak tahu pasti apakah mereka akan
bersalin dan membutuhkan panduan – itu adalah bagian dari pekerjaan mereka.  Dan
sebenarnya dokter atau bidan Anda dapat mengetahui kondisi Anda sebenarnya hanya dari
tekanan dan kesan suara Anda, karena itu komunikasi verbal sangat membantu.  Mereka
mungkin ingin tahu seberapa sering kontraksi yang Anda alami, apakah Anda masih dapat
berbicara pada saat kontraksi terjadi, dan gejala-gejala lain yang mungkin Anda alami.

Jika cairan ketuban Anda pecah, atau Anda menyangka cairan amnion Anda bocor,
katakanlah pada dokter atau bidan Anda.  Anda juga harus memberitahukan mereka apakah
Anda pikir aktivitas janin Anda menurun atau apakah Anda mengalami perdarahan vagina
(bukan seperti flek kemerahan dengan sejumlah kecil lendir darah), demam, sakit kepala
yang hebat, perubahan dalam daya penglihatan Anda atau sakit pada perut Anda.

APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN PADA TAHAP AWAL PERSALINAN?

Selama tahap awal persalinan, sangatlah penting untuk banyak minum air.  Selingi
kegiatan istirahat Anda dengan berjalan, atau cobalah dengan berendam air panas atau
mandi pancuran untuk mengurangi rasa sakit.  Dan jika mungkin, cobalah untuk
beristirahat mempersiapkan diri Anda untuk proses persalinan kelak.

DAPATKAH SAYA MERASAKAN KONTRAKSI TETAPI TIDAK DALAM SITUASI PERSALINAN?

Ya.  Anda mengalami persalinan palsu jika leher rahim Anda tidak membuka (dokter atau
bidan Anda dapat mengetahuinya selama pemeriksaan), kontraksi hanya sekali-sekali dan
tidak meningkat intensitasnya, dan rasa sakit yang mungkin Anda alami pada perut atau
punggung Anda dapat hilang dengan mudah ketika Anda berendam air hangat atau dipijit.
Seorang ibu pernah mengalami kontraksi yang kuat selama 3 hari sebelum ia benar-benar
ada dalam situasi persalinan.  Kontraksi, walaupun sangat sakit, tetapi sangat tidak
teratur dan tak terprediksi, terjadi setiap 5 menit, lalu 7 menit, lalu 8 menit,
kemudian 5 menit dan akhirnya 8 menit.  Ketika cairan ketubannya akhirnya pecah, dia
berteriak lega, berharap bahwa ia akhirnya memasuki persalinan yang sebenarnya dan
itulah yang terjadi.

DAPATKAH SAYA MENGETAHUI BAHWA PERSALINAN AKAN BERLANSUNG SEBENTAR LAGI?

Mungkin.  Walaupun Anda mungkin akan tidak sadar terhadap segala sesuatu yang sedang
berlangsung, tubuh Anda mulai bersiap diri terhadap proses persalinan hingga 1 bulan
sebelum melahirkan.  Pada saat persalinan yang sebenarnya dimulai, untuk beberapa
wanita, leher rahim mereka telah mulai membuka dan menipis.  Tanda-tanda lain
persalinan meliputi:

·          Lightening: saat posisi kepala bayi telah turun ke bawah ke dalam panggul
Anda.

·          Meningkatnya pengeluaran cairan/lendir dari vagina Anda.

·          Munculnya flek darah (cairan kecoklatan atau flek lendir darah)

·          Kontraksi Braxton Hicks yang semakin intens dan lebih kuat

hope that helps,
Sylvia - Jovan's mum

Wiwi Williyanti <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
FLAVOR00-NONE-0000-0000-0000000000003.0;hallo mom's

ada titipan neh dari teman ....dia lagi bingung soale dari subuh tadi istri ngeluh
perutnya berasa panas kadang di sertai rasa sakit ....mom's apa ini tanda mau
melahirkan usia kandungannya

<deleted>