From: Kristianti Dewi Joris [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Monday, June 21, 2004 10:33 AM
To: Balita Anda
Subject: [balita-anda] Cara membuat Puree

Moms,

berikut cara membuat puree yang saya pake untuk nyiapin makanan si kecil
dari umur 6 bulan.

Puree nasi/oatmeal:
masak beras 1 genggam dengan air sampai berupa bubur nasi encer yang
matang dan creamy. Saat memasak buburnya, saya suka pake alat puree
untuk mengaduk supaya lebih creamy.

Puree kentang & ubi merah:
Kupas dan cuci bersih kentang/ubi merah, kemudian potong kecil-kecil.
Masak kentang/ubi merah dengan air yang agak banyak sampai lunak dan
matang, kecilkan api dan mulai aduk dengan menggunakan alat puree sampai
kelembutan yang diinginkan. Angkat, masukkan kedalam mangkok dan
campurkan susu (ASI/formula) campai texturnya creamy.

Puree jagung manis:
Cuci bersih jagung, bersihkan dari rambut kemudian sisir jagung. Masak
jagung dengan air hingga lunak dan matang, angkat. Masukkan kedalam
wadah, dan mulai buat puree. Saring puree jagung dengan saringan kawat
untuk memisahkan bagian kulit jagung. Setelah didapatkan tektur yang
bersih dari kulit jagung, masukkan susu (ASI/formula) dan aduk rata
sampai creamy.

Catatan:
- tiap orang punya cara yang berbeda dalam membuat puree, cara diatas
adalah cara saya untuk buat baby puree, mungkin moms yang lain punya
cara lain yang bisa di share..sharingnya sangat diharapkan.
- supaya tidak merusak kualitas susu (ASI/formula) jangan memasak susu
diatas api, campurkan susu dibagian akhir setelah adonan puree diangkat
dari api.
- alat puree manual yang saya pake bisa didapatkan di toko-toko yang
menjual peralatan memasak.
- mohon maaf saya nggak punya takaran paten dalam setiap resep saya
karena pedoman saya dalam memasak mostly hanyalah 'feeling.'

Semoga bermanfaat. Salam,
Dewi