Moms,

begitu banyak e-mail yang masuk via japri, akhirnya saya putuskan untuk
searching lebih lanjut mengenai arti kata puree ini sesungguhnya. Karena
saya yakin pengetahuan mengenai puree ini akan sangat bermanfaat untuk
kita semua.

Pengertian saya pribadi mengenai puree yang diajarkan oleh ibu dan tante
saya juga berdasarkan pengalaman belajar memasak di US adalah : sebuah
metode memasak makanan dengan cara menghaluskan makanan tersebut menjadi
bentuk yang halus, lembut dan creamy. That's why didalam setiap resep
puree yang saya buat selalu ada additional susu atau kaldu untuk membuat
puree menjadi lebih creamy and tasty. Dalam mengolah makanan menjadi
puree, saya selalu menggunakan hand held manual puree, saya belajar
mengenai penggunaan alat ini dari ibu saya dan juga pada saat saya
tinggal di US. Akhirnya sehari-hari saya praktek kan cara tersebut dalam
membuat baby food untuk si kecil.

Hanya saja setelah saya searching lebih lanjut di internet mengenai
puree ini, sebetulnya metode pembuatan puree sudah bermacam-macam. Ada
yang menggunakan strainer (saringan kawat), hand held manual/electronic
puree, food processor and blender. Tentu saya metode setiap penggunaan
alat ini ada kelemahan dan keuntungannya.

Saringan kawat/strainer : pernah saya coba sekali (tapi jujur waktu itu
saya nggak tau bahwa itu merupakan salah satu metode dalam pembuatan
puree) hasilnya kurang creamy. Kecuali untuk puree jagung, lebih baik
disaring lagi.

Hand held manual puree (saya belum pernah nyoba yang electronic) : hasil
creamy dan tidak terlalu lembut, teksturnya bisa di-adjust sesuai dengan
kebutuhan. Mis kalau ingin makanan tersebut sekaligus sebagai perangsang
pertumbuhan gigi maka dibuat yang tidak terlalu halus tapi tetep creamy.

Food processor/blender: (pernah saya coba sekali dan anak saya karena
terbiasa puree manual jadi malah eneg kalau makanan nya di blender).
Hasilnya mostly terlalu halus dan karena semua diblend, kurang
mengajarkan anak untuk belajar mengenali cita rasa setiap ingredients.
Even memang cara ini lebih efisien, tapi sebaiknya dihindari sebisa
mungkin.

Untuk metode puree nasi, nasinya dibuat bubur encer yang creamy tidak
dibuat tim.

Dan menjawab pertanyaan Mama Dextra, Mbak Rifa dan Mbak Dhidhie:
1. Alat puree yang saya pake itu saya beli tanpa merk kalau nggak salah,
ujung alat yang untuk bikin puree terbuat dari stainless steel. Saya
beli 2 macem, yang besar saya dapet di carefour dengan pegangan kayu,
sedangkan yang kecil untuk tekstur lebih lembut saya dapetnya di toko
peralatan memasak di Plaza Senayan. Nama toko dan lantainya lupa tapi
seingat saya cuman satu toko itu doang yang jual peralatan masak di PS.

2. Penghalus kayu yang ada di setiap set peralatan makan bisa digunakan
sebagai alat puree juga hanya saja bikin puree-nya dengan cara disaring
pake saringan kawat. Dan penjelasan mengenai sebetulnya puree itu
bagaimana seperti yang saya utarakan diatas.

Mohon maaf ya moms kalau selama ini saya sudah bikin bingung.
Mudah-mudahan apa yang saya share pagi ini ada manfaatnya.

Terbuka juga buat other moms yang mau sharing mengenai puree ini yach,
and I am very open for any corrections.

Salam,
Dewi