Bunda Reva,

Akhir2 ini aku pengen sekali beliin callis (8 bln) matras utk main2
dilantai, selama ini callis cuma main2 'babybox' and kalau malam baru main
diranjang 'mamanya' kalau udah pake pampers. Kalau taruh dimatras gitu,
Reva pakai diapers gak? Kalau gak, wah.. repot ya, bentar2 ngompol  di
sprei...  kalau pake diapers nonstop.., kasian ...

yanti
mamanya callis

"Ade Novita" <[EMAIL PROTECTED]>
07/06/04 02:28 PM
Please respond to

<[EMAIL PROTECTED]>
cc

Subject
Re: [balita-anda] Ditatah & Merangkak & Cikal

mba...
merangkak kan katanya salah satu fase yg ngga wajib dilewati, selain itu
tiap anak beda beda kapan mulai merangkak.

reva sendiri merangkak di usia belum genap 6 bulan, krn waktu itu dr 3
bulan
dia tiap hari main di TPA/day care.
saya pun sejak reva 5 bulan membuat fasilitas yg sama persis dgn daycare
tersebut yaitu matras setebal 10 cm berukuran 2 x 2 m, disekitarnya pun
aku
perluas lagi dengan karpet puzle, istilahnya area bermain lah. jadilah
rumah
ortu waktu itu dindingnya penuh gambar gambar persis daycare reva. krn kan
asi ekslusif cuma 6 bulan jadi ngga perlu lagi reva ikut ngantor hehehe.

saya lihat krn matras kuat jadi tenaga si anak ketika tangannya menapak
cukup utk mendorong badannya keatas. ketika merangkak pun anak ga sakit
dengkulnya.
reva udah onggong onggong sejak 4 bulan kemudian diteruskan merangkak
mundur
lalu duduk di usia 5 bulan.
ketika utk maju pertama kali, tangan aku yg kiri merangkul dadanya dr
bawah
kemudian yg kanan mengangkat tangan reva maju kedepan, dr situ dia lancar
maju dan menikmati

saya liat ini semua krn terpancing juga dgn temen temen sesama bayi yg di
daycare tersebut.

mengenai titah
sebaiknya keinginan timbul dr anaknya kali ya, kalau memang berdirinya
udah
kuat, trus ketika berdiri ia ingin melangkah dan kakinya terlihat kuat ya
knp ga dicoba titah?

nah coba aja anak mba diajak bermain di cikal/kidsport, disana memang ada
ruang khusus utk babies, dgn melihat temen temen biasanya anak terpancing
bergerak, bisa dgn meletakkan mainan dimana anak berusaha meraihnya

reva sejak 8 bulan sudah suka berkunjung ke cikal disana matrasnya lebih
kurang tebalnya 5 cm jd cukup empuk jika terantuk, tapi better ga terantuk
sih ya :)

salam

bunda reva