MbakMeita, buah sudah boleh diberikan mulai usia anak 4 bulan.
Untuk tahap awal, berikan pisang dengan jeruk. Tapi porsinya sedikit dulu
ya. Nanti lama kelamaan ditambah sedikit demi sedikit.
Pisang (biasanya pisang Ambon) dikeruk (buang bijinya) sambil dilumatkan
sampai halus dengan perasan air jeruk (Jeruk Baby Mesir/Pacitan).

Boleh juga diberi melon dengan diblender dan disaring terlebih dahulu.
Tambahkan air jeruk, aduk rata.

Mbak juga boleh memberikan pepaya dengan jeruk atau pepaya dengan pisang.
Tapi pepaya tidak boleh diberikan terlalu banyak, ditakutkan nanti sikecil
jadi (maaf) mencret. Pepaya dengan tomat juga boleh. Tapi sebelumnya seduh
dengan air panas, lalu kupas kulitnya dan buang bijinya.

Dulu anak saya baru diizinkan oleh DSA-nya diberikan alpukat (ditambah air
jeruk) setelah dia agak besar (6,5 bulan).

Nb : Jangan ditambahkan gula ya Mbak, biarkan manisnya alami dari manis
buah.

Kalau pengalaman saya Mbak, anak saya tidak mau ngedot kalau buahnya
dimasukkan ke botol, kecuali pepaya baru dia mau. Jadi khusus untuk pepaya
saya masukkan botol tapi untuk buah lainnya saya sendokin. Tapi mungkin
kalau hanya air buahnya saja agak susah ya nyuapinnya. Lebih enak
dimasukkkan ke botol jadi sikecil tinggal nge-dot. Syukur-syukur si kecil
mau ngedot. Tapi untuk yang agak kasar (seperti  pisang dan alpukat)
sepertinya harus disendokin.

Segitu aja sharing saya Ma Meita, semoga membantu. Mungkin ada tambahan dari
Moms yang lain.

Regards,
-Vita-