sekedar referensi.....

----- Original Message -----
From: Wiku Andonotopo
To: [EMAIL PROTECTED]
Sent: Friday, July 16, 2004 3:32 AM
Subject: [dokter_ku] Re: USG dalam kehamilan dan kelainan ginekologi

Mengenai safe tidaknya USG ini saya tulis kembali safety statement
yang pernah saya tulis di mailing tetangga. Dan perlu Anda-anda
ketahui, hingga sekarang TIDAK ADA SATU ARTIKEL resmi dalam jurnal
internasional dalam bidang obstetri dan ginekologi yang mengungkapkan
laporan kasus yang berhubungan dgn efek samping fatal gelombang
ultrasonik dari USG, kecuali hanya menimbulkan kenaikan panas lokal
di jaringan sekitar jika terlalu lama di satu posisi scanning. Karena
itu saya berpatokan dgn bukti yang ada selama ini, USG aman, USG
menggunakan gelombang tinggi tergantung dari kepala transducernya
(sonda) dari 3,5 Mhz, 5 Mhz, 7 Mhz, 13 Mhz, tergantung keperluan...

Silahkan dibaca.

Berikut saya lampirkan safety statement dari
Organisasi dunia Ultrasound Obstetri dan Ginekologi
(ISUOG) yang terbaru dari tahun 2003 lalu, juga
petikan dari Food and Drug Administration yang dimuat
dalam jurnal resmi Perkumpulan Ultrasound dunia.

Perlu diketahui istilah 2D,3D,4D adalah perkembangan
kemajuan teknologi USG yang saat ini bisa menampilkan
ketiga dimensi dalam bidang multiplanar sekaligus dari
horisontal, frontal dan vertikal (3D) dan kini dgn
ditambahkannya dimensi ke-4 yaitu realtime maka
terwujudlah 4D USG.

Sedangkan jenis-jenis teknik yang dipakai tidak
mengalami perubahan dari teknik B-mode, M-mode, Color
Doppler dan Power Doppler, gelombang USG yang dipakai
sejak alat itu dipergunakan juga tidak berubah dari
2D,3D, dan 4D.

Hanya dalam pemakaian Color Doppler dan Power Doppler
saja yang berbeda, dan menggunakan gelombang
ultrasound yang lebih tinggi untuk mendapatkan
pantulan echo yang bisa menangkap sampai detil-detil
arus darah yang mendarahi suatu jaringan, karena itu
pemeriksaan ini tak lazim dipergunakan pada kehamilan
trimester pertama karena menghasilkan efek panas,
dimana bisa meningkatkan panas minimal 1 C lebih
tinggi pada jaringan yang di scan tanpa
berpindah-pindah di satu tempat saja !!

Pemeriksaan USG 4D, pada prinsipnya sama dgn
pemeriksaan B-mode pada USG 2D, gelombang yang dipakai
juga sama, yang berbeda adalah menampilkan gambaran 3D
secara realtime.

Untuk gelombang Ultrasound yang dipakai dalam tindakan
operasi di luar tindakan obstetri dan ginekologi, saya
tidak bisa memberikan komentar, karena saya tidak
berkecimpung dalam hal itu, yang saya ketahui jelas
berbeda dgn yang dipergunakan dalam teknik USG
khususnya dalam bidang obstetri dan ginekologi.

Efek dari USG jelas pasti ada seperti semua efek
samping dari semua alat diagnosis yang lain, namun
perlu diketahui bahwa FDA dan World Federation of
Ultrasound in Medicine and Biology (WFUMB) and
American Institute of Ultrasound in Medicine (AIUM)
sejak tahun 1986 telah melampirkan prosedur
pemeriksaan yang disebut ALARA (As low as possible
accoustical exposure) yang menekankan bahwa pendidikan
ultrasound bagi para penggunanya sangat perlu sehingga
mengerti dgn benar teknik, manfaat dan efek samping
dari ultrasound dalam bidang tertentu.

Sekali lagi saya tekankan pendidikan sangat diperlukan
bagi dokter yang menggunakan alat USG seperti ini,
tidak masalah 2D,3D, 4D kalau memungkinkan, sehingga
bisa menyingkirkan pemeriksaan USG yang sampai
berjam-jam pada 1 pasien yang tidak perlu.

Efek yang didapatkan dari pemakaian alat USG dari 2D,
3D, 4D pada pemakai yang mengerti dan paham justru
akan membawa arah diagnosis ke suatu kelainan janin
atau penyakit janin yang lebih jelas, tetapi USG yang
dilakukan hanya untuk pertunjukan show belaka, jelas
tidak ada manfaatnya, dan akan menimbulkan efek
samping yang tidak perlu terjadi.

Di bawah ini petikan aslinya.....

Safety Statement, 2000 (reconfirmed 2003)
International Society of Ultrasound in Obstetrics and
Gynecology (ISUOG)
ISUOG Bioeffects and Safety Committee (J. S.
ABRAMOWICZ, G. KOSSOFF, K. MARSAL and
G. TER HAAR)
on behalf of the Executive Board of the International
Society of Ultrasound in Obstetrics and Gynecology

----CUT----- (sengaja saya potong spy gak terlalu panjang....yang mau liat versi
aslinya silahkan japri ke saya)

salam, intan

Kirim email ke