Pak Maulana,

Kalau menurut Dr Jose RL Batubara SpAK, (saya dapet ini dari simposium
tumbuh kembang anak di Batam tgl 11 Juli yll) secara matematis perkiraan
tinggi anak dapat dihitung berdasarkan tinggi orang tuanya
rumusnya sbb:

tinggi anak laki-laki       =  ( (tinggi ibu + tinggi ayah + 13) : 2 )  +/-
8.5 cm

tinggi anak perempuan    = ( (tinggi ibu + tinggi ayah - 13) : 2 )  +/-  8.5
cm

Selain faktor genetis, faktor lain yang mempengaruhi tumbuh kembang anak
adalah faktor hormonal dan faktor lingkungan.

Pertumbuhan anak pasca natal dibagi dalam 3 fase
1. Fase infant
    Pada usia 1 tahun, idealnya tinggi anak kira-kira 1.5 kali panjang
lahir, dan pada tahun kedua bertambah tinggi sekitar 10 cm

2. Fase Childhood
    Pada fase ini pertumbuhan anak berkisar antara 5 - 7.5 cm

3. Fase Pubertas
    Pada fase ini anak akan cepat sekali bertambah tingi karena
pertumbuhannya dipengaruhi oleh hormon seks. Pada anak perempuan fase ini
timbul lebih cepat dibandingkan pada anak laki-laki. Setelah fase ini
berakhir pertumbuhan anak akan selesai.

Karena pertumbuhan juga dipengaruhi faktor lingkungan dan nutrisi, maka kita
juga harus memberikan kalori dan protein yang cukup baik untuk membantu
petumbuhan. Di samping itu Vitamin yang berperan penting dalam pertumbuhan
adalah Vitamin A (berperan dalam pertumbuhan tulang, pertumbuhan sel dan
pembentukan protein) dan Vitamin D ( untuk penyerapan kalsium di dalam usus
sehingga Vit. D juga berperan penting dalam pertumbuhan tulang)
Mineral yang penting untuk pertumbuhan a.l. zat besi, kalsium, zinc dan
yodium.

Pemberian vitamin dan mineral tambahan tidak begitu perlu jika asupan
makanan anak sudha mengandung berbagai zat yang diperlukan tersebut.

Hal terpenting yang harus dilakukan orang tua adalam membiasakan diri
memantau tumbuh tembang anak, dengan cara mengukur berat dan tinggi badan
secara berkala dan menggambarnya dalam kurva pertumbuhan (biasanya ada di
KMS) sehingga kita bisa melihat apakah anak kita tumbuh optimal atau tidak.

regards,
Wied-Batam